Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorBupati Bogor Luncurkan Kartu Bogor Cerdas Tahun 2023

Bupati Bogor Luncurkan Kartu Bogor Cerdas Tahun 2023

Bogordaily.net , Iwan Setiawan meluncurkan kartu Bogor Cerdas atau Bodas tahun 2023 di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 5 Desember 2023.

Peluncuran tersebut dilakukan sebagai komitmen merealisasikan program Pancakarsa yakni Karsa Bogor Cerdas.

, Iwan Setiawan mengatakan, salah satu dari program Pancakarsa adalah Karsa Bogor Cerdas. Di dalamnya ada yang namanya Kartu Bogor Cerdas (Bodas) sebagai janjinya kepada masyarakat lima tahun lalu.

Menurutnya, ini merupakan wujud dari implementasi janji tersebut, kalau di tingkat nasional ada yang namanya Kartu Indonesia Pintar. Di Kabupaten Bogor ada Kartu Bogor Cerdas yang anggarannya dari APBD.

“Alhamdulillah hari ini bisa kita wujudkan, kita kembali luncurkan Kartu Bogor Cerdas di tahun 2023, yang merupakan bantuan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Diberikan kepada siswa SD dan SMP yang kurang mampu yang terdata dalam Dapodik dan belum terlayani Program Indonesia Pintar,” kata Iwan Setiawan, Selasa 5 Desember 2023.

Ia menambahkan, ini merupakan kebijakan yang membuktikan keberpihakan Pemkab Bogor kepada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bogor.

Iwan berharap siapa pun nantinya yang akan memimpin Kabupaten Bogor kalau program kebijakannya baik dan bermanfaat untuk masyarakat agar bisa dipertahankan.

“Jika Kartu Bogor Cerdas dijalankan dengan baik di Kabupaten Bogor, insyaallah dapat meningkatkan capaian rata-rata lama sekolah di Kabupaten Bogor. Serta tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia. Demi mewujudkan Karsa Bogor Cerdas dan cita-cita Indonesia Emas,” jelasnya.

Kartu Bogor Cerdas 2023 Tingkatkan Kualitas SDM

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menjelaskan, program Karsa Bogor Cerdas merupakan tekad untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di tingkat nasional dan global.

Kartu Bogor Cerdas (Bodas) merupakan bagian dari program Pancakarsa yakni Karsa Bogor Cerdas, kartu Bodas diberikan kepada siswa SD dan SMP yang kurang mampu yang terdata dalam dapodik dan belum terlayani Program Indonesia Pintar.

“Kartu Bogor Cerdas pada tahun 2023 ini akan disalurkan bantuan kepada 19.184 siswa SD dengan bantuan sebesar Rp250.000 per orang. Kemudian 8.876 siswa SMP dengan bantuan sebesar Rp300.000 per orang,” ujar Juanda Dimansyah.(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here