Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalCadaver Artinya Apa? Kata yang Viral Usai Penemuan 5 Mayat di Unpri

Cadaver Artinya Apa? Kata yang Viral Usai Penemuan 5 Mayat di Unpri

Bogordaily.net – artinya apa? Kata ini sedang di tengah heboh penemuan lima mayat di Universitas Prima atau Unpri Medan, Sumatera Utara. Lalu cardaver artinya apa? Simak ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Video yang memperlihatkan mayat tergeletak di tempat mirip bak air di Unpri di media sosial. Terdapat 5 mayat terdiri dari 4 pria dan 1 wanita di lantai 15 kampus Unpri.

Pihak kampus Unpri yang diwakili dosen Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Dr. Dr. Ali Napiah Nasution, MKT, MKM, Sp.KKLP (K) menjelaskan terkait keberadaan 5 mayat tersebut.

Dokter Ali mengatakan pada 12 Desember 2023 ia mendampingi polisi dari Polda Sumatera Utara dan tim laboratorium forensik Polda Sumatera Utara memeriksa di laboratorium anatomi Fakultas Kedokteran Unpri dan melihat 5 yang dikeluarkan dari bak laboratorium tersebut.

“Kemudian tersebut dijejerkan di meja anatomi laboratorium anatomi untuk diperiksa. Setelah diperiksa kelima tersebut dikembalikan ke dalam bak laboratorium anatomi,” ujar dr. Ali dalam video yang diunggah di YouTube PRIMTV.

Ia menegaskan bahwa - berada di Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia dan dipergunakan sebagai media belajar praktikum anatomi sejak tahun 2008.

“Seyogyanya di setiap fakultas kedokteran di Indonesia memiliki cadaver di laboratorium anatomi,” imbuhnya.

Arti Cadaver

Berdasarkan terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, cadaver artinya bangkai atau mayat.
Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tertulis kadaver dan memiliki arti jenazah, biasanya digunakan mahasiswa kedokteran untuk praktikum anatomi. Arti lain kadaver dalam KBBI yakni bangkai.
Cadaver atau kadaver adalah jenazah yang biasanya digunakan mahasiswa kedokteran untuk praktikum anatomi.
Istilah ini digunakan sebagai salah satu materi perkuliahan mahasiswa kedokteran dan sebagai bahan pembelajaran. Khususnya dalam praktikum anatomi.
Cadaver yang digunakan dalam praktikum anatomi yakni untuk mengetahui organ-organ tubuh manusia dengan melakukan pembedahan menggunakan mayat atau jenazah sesungguhnya dan sudah diawetkan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here