Monday, 29 April 2024
HomeNasionalGempa M 4,6, BNPB: 347 Warga Bogor dan Sukabumi Terdampak

Gempa M 4,6, BNPB: 347 Warga Bogor dan Sukabumi Terdampak

Bogordaily.net– berkekuatan M 4,6 yang berpusat di darat 25 km Barat Laut dengan kedalaman 5 km Kabupaten Sukabumi Kamis, 14 Desember 2023 berdampak pada warga di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam laman resmi BNPB menjelaskan hingga Kamis, 14 Desember 2023 pukul 13.00 WIB, Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat berdampak terhadap 347 warga.

Dengan rincian 309 warga Kabupaten Bogor dan 38 warga Kabupaten Sukabumi. Persitiwa ini juga menyebabkan 12 warga di Kabupaten Bogor mengungsi akibat rumahnya rusak oleh .

Tak hanya itu dampak kerusakan juga tercatat pada sejumlah bangunan. Kaji cepat sementara mencatat, 8 rumah rusak sedang dan 81 rumah rusak ringan di Kabupaten Bogor. Lalu 2 rumah rusak sedang dan 5 rumah rusak ringan di Kabupaten Sukabumi.

BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Kabupaten Bogor melakukan asesmen pasca .

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Medi telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi kejadian.

Dari hasil kaji cepat sementara, kata Medi menyebutkan rumah yang terdampak didominasi oleh rumah yang tidak memiliki sloof pada bangunan.

Sloof merupakan bagian dari struktur sebuah bangunan yang letaknya ada di bagian pondasi bangunan dalam bentuk horizontal.

Sementara itu Danki TRC BPBD Kabupaten Bogor, Hayat, mengatakan pihaknya juga telah menugaskan tim untuk meninjau kerusakan yang diakibatkan oleh .

Sebelumnya diberitakan, bumi dengan kekuatan magnitudo 4,6 berpusat di Sukabumi Kamis, 14 Desember 2023 pukul 06.35 WIB mengguncang Bogor.

Badan Metreologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat berada di 25 km barat laut Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di koordinat 6.67 Lintang Selatan – 106.53 Bujur Timur.

Bupati Bogor Iwan Setiawan sempat mengimbau masyarakat agar tetap waspada.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here