Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorGempa Magnitudo 4,6 Terasa di Bogor, Masyarakat Diminta Waspada

Gempa Magnitudo 4,6 Terasa di Bogor, Masyarakat Diminta Waspada

Bogordaily.net – Akibat bumi dengan kekuatan magnitudo 4,6 yang mengguncang Sukabumi sampai terasa di Bogor, Kamis, 14 Desember 2023 pagi, pukul 06.35 WIB, warga diminta waspada.

Menurut , pusat berada di 25 km barat laut Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada koordinat 6.67 Lintang Selatan – 106.53 Bujur Timur.

Mag:4.6, 14-Des-23 06:35:412 WIB, Lok:6.67 LS,106.53 BT (25 km BaratLaut SUKABUMI-Jawabarat), Kedlmn:5 Km, tdk berpotensi tsunami,” demikian tulis dalam siaran pers resminya.

Baca juga : Ammar Zoni Ditangkap Lagi karena Narkoba, Irish Bella Ungkap Ini

Bupati Bogor Iwan Setiawan menghimbau masyarakat yang berada di kaki gunung salak agar tetap waspada, imbas terjadinya 31 kali tektonik di kawasan Gunung Salak, Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa, wilayah Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang diapit oleh dua Gunung, yakni Gunung Gede Pangrango, dan Gunung Salak.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar warga tetap waspada dan siap siaga serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan melakukan mitigasi melalui Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami menghimbau kepada warga yang rumahnya di kaki gunung itu harus waspada, mitigasi kami di BPBD dengan adanya himbauan dari vulkanologi itu, bagaimana pencegahanya,” kata Iwan Setiawan kepada wartawan di Cibinong, Rabu 13 Desember 2023.

Baca juga : Aplikasi Tiktok Shop-Tokopedia Is Back, Ajak Pedagang Jualan Lagi. Begini Caranya!

“Kalaupun terjadi kita sudah ada edukasi pelatihan dan pencegahan dari Destana ataupun BPBD dan akan rapat khusus,” tambahnya.

Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan BPBD juga akan mengkaji wilayah Kecamatan mana saja di kaki Gunung Salak yang rawan, sehingga akan segera melakukan langkah antisipasi.

“Kita akan melihat dulu potensi mana aja bilamana yang terdapat, harus di antisipasi, mungkin nanti BPBD kami instruksikan untuk mengkaji kerentanan kaki gunung salak itu Kecamatan mana saja, yang memang tersebar dari Cijeruk sampai Sukajaya,” ujar Iwan Setiawan. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here