Monday, 6 May 2024
HomeHotelJelang Natal dan Tahun Baru 2024, Okupansi Hotel Bintang di Bogor Tembus...

Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, Okupansi Hotel Bintang di Bogor Tembus 50% Lebih

Bogordaily.net – Menjelang libur Natal dan mulai berdampak pada atau tingkat hunian di Kabupaten Bogor. BPC Perhimpunan dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor mencatat tingkat sudah mencapai di atas 50%.

“Dua pekan sebelum malam ini hotel di Kabupaten Bogor mencapai di atas 50 persen untuk hotel bintang. Dan masih di bawah 50 persen untuk hotel non-bintang,” kata Ketua BPC PHRI Kabupaten Bogor, Juju Djunaedi Jumat, 15 Desember 2023.

Juju optimistis akan menembus angka 70% terutama sepekan sampai tiga hari menjelang malam .

“Kami optimistis dengan kondisi saat ini, sebab dibanding tahun-tahun sebelumnya di masa pandemi Covid-19, dua pekan sebelumnya baru mencapai 10 persen,” imbuhnya.

Pantauan PHRI, menghadapi lonjakan tamu hampir semua hotel telah mempersiapkan banyak kegiatan dan acara hingga mendatangkan artis-artis terutama untuk kelas hotel bintang.

“Kalau asal pengunjung masih didominasi dari Jabodetabek dan ada pula dari luar terutama dari Sumatera, Lampung dan Padang,” ujarnya.

PHRI juga mengimbau kepada seluruh pengunjung hotel dan restoran. Termasuk wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata agar tetap berhati-hati dan selalu waspada. Terutama pada kondisi cuaca terutama di kawasan-kawasan perbukitan dan pegunungan.

“Kami juga mengimbau kepada semua pengelola hotel dan restoran agar tetap menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban lingkungan dengan berkoordinasi dengan aparat keamanan dan aparat di wilayah,” imbaunya.

Kunjungan Wisatawan ke Puncak

Sekretaris BPC PHRI Kabupaten Bogor, H Boboy Ruswanto, menambahkan pihaknya belum dapat menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan secara total khususnya ke kawasan Puncak.

“Saat ini belum bisa disebutkan karena PHRI hanya mencatat jumlah kunjungan tamu ke hotel dan restoran anggota PHRI. Jadi tidak semua yang ke Puncak misalnya itu masuk ke hotel. Kadang-kadang orang mengatakan dengan Puncak macet seolah-olah hotel penuh. Padahal hanya lewat dan sebagian besar masuk tempat-tempat wisata,” katanya.

Mengingat setiap malam diberlakukan penutupan dan rekayasa arus lalu lintas di Jalan Raya Raya Puncak, PHRI mengimbau agar pengunjung dan wisatawan ke Puncak agar jauh-jauh hari melakukan reservasi, tidak datang secara mendadak, serta rajin memantau informasi TMC Polri.

Sementara itu, menjelang Nataru PHRI juga bakal menggelar Puncak Festival di Rest Area Puncak pada tanggal 25-27 Desember 2023. Helaran yang bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor ini bakal menampilkan atraksi seni budaya khas Kabupaten Bogor.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here