Saturday, 13 April 2024
HomeKota BogorJembatan Otista Selesai Dibangun, Ini Usul Ridwan Kamil

Jembatan Otista Selesai Dibangun, Ini Usul Ridwan Kamil

Bogordaily.net Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) mengusulkan area dipasang foto-foto wali Kota Bogor dari masa ke masa.

Hal itu ia ungkapkan saat mengikuti rangkaian peresmian secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Selasa, 19 Desember 2023.

“Ide saya mah itu yang kotak-kotak kosong (area ) dipasang foto wali kota bogor dari zaman ke zaman,” kata .

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut menerangkan, merupakan langkah tepat dari pemerintah untuk merspons kesusahan warga. Khususnya Kota Bogor soal kemacetan.

“Hidup pemimpin itu kan memudahkan urusan rakyat. Rakyat Bogor kesusahan karena kemacetan, kita beri bantuan, sekarang sudah terwujud,” jelas Kang Emil.

Sementara itu Wali Kota Bogor Bima Arya menambahkan, sosok selalu mempunyai gagasan soal menata ruang publik. Salah satunya untuk area di .

“Seperti biasa (kang emil) memiliki konsep ruang publik yang keren,” kata Bima Arya.

Bima bercerita, sudah dibangun sejak 1920 dengan memiliki ciri khas, yakni fondasi melengkung yang berada di bagian bawah jembatan.

kemudian mengalami pelebaran di 1970 dan menjadi arus utama bagi warga Kota Bogor.

Perkembangan ekonomi dan pembangunan akhirnya membuat jembatan ini semakin sesak akibat dipenuhi pedagang kaki lima.

Akhirnya di tahun 2015 Pemkot Bogor melakukan kajian untuk memberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) di seputaran Istana Bogor.

Namun setelah diberlakukan, kemacetan masih terjadi akibat adanya penyempitan lajur di atas Jembatan Otista.

Karena itu, lanjut Bima, warga meminta Pemkot untuk melakukan pelebaran. Akhirnya mengajukan anggaran ke Provinsi dan sempat mendapat persetujuan di tahun 2020.

“Namun karena adanya pandemi covid akhirnya terdapatada kebijakan rasionalisasi sehingga rencana pelebaran Jembatan Otista ditunda,” tutup Bima. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here