Wednesday, 19 June 2024
HomeNasionalKemenhub Siapkan Mudik Gratis Nataru 2023, Tahun Ini Diprediksi Ada 107 Juta...

Kemenhub Siapkan Mudik Gratis Nataru 2023, Tahun Ini Diprediksi Ada 107 Juta Orang Pulang kampung

Bogordaily.net – Kementerian Perhubungan () akan menyiapkan gratis untuk Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Jumlah pemudik diprediksi sebesar 43 persen dibanding tahun lalu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kemungkinan akan ada 107 juta warga yang mudik di akhir tahun ini.

“Saya mengingatkan lagi bahwa ada kenaikan pemudik sekitar 47 persen, sehingga yang itu sekitar 107 juta orang dalam kurung waktu 12 sampai 13 hari,” kata Budi Karya Sumadi kepada wartawan usai meresmikan Sky Bridge Bojonggede, Sabtu 9 Desember 2023.

Menurutnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan () akan menyediakan berbagai program gratis Nataru 2023 kepada masyarakat.

Serta Menhub Budi menghimbau, agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor terlebih saat jarak jauh.

“Dengan segala kerendahan hati, jangan menggunakan motor, kami sediakan angkutan massal, bus gratis, kereta gratis, kapal gratis, untuk motor boleh jarak dekat saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan nantinya akan menyediakan dua program gratis untuk mengantisipasi lonjakan pengguna sepeda motor yang berpotensi meningkatkan angka kecelakaan saat libur natal dan tahun baru 2024.

Adapun program pertama yaitu menyediakan 90 unit bus AKAP dan pariwisata ke 12 rute tujuan untuk mengangkut 3.600 penumpang, dan empat truk untuk mengangkut 120 unit sepeda motor

Sedangkan program kedua yaitu menyediakan kereta api untuk mengangkut 696 motor untuk rute Jakarta Gudang-Semarang Tawang (PP).

Meski begitu, Budi mengakui pihaknya masih memiliki keterbatasan lantaran prediksi jumlah pemudik yang menggunakan motor akan lebih banyak.

Ia pun sangat meyakini dengan adanya gratis sangat bisa mengontrol jumlah kecelakaan di jalan yang kerap terjadi oleh pengendara kendaraan pribadi.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here