Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorLurah Tegallega Sidak Limbah Botani Square dan Hotel Santika

Lurah Tegallega Sidak Limbah Botani Square dan Hotel Santika

Bogordaily.net, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Hardi Suhardiman, melakukan inspeksi mendadak (sidak) saluran pembuangan limbah Mall dan , Minggu 17 Desember 2023.

Sidak bersama Ketua LPM Tegallega ini dilakukan menyusul aduan warga Tegallega RT 04/RW 04 yang sejak lama mengeluh akibat bau, yang ditimbulkan saluran pembuangan limbah dari kedua pusat bisnis tersebut ke Sungai Ciparigi.

Baca juga : Istri Habib Rizieq Meninggal, Umi Pipik Bagikan Momen dengan Umi Syarifah

“Kalau limbah cairnya sedang keluar dari saluran menimbulkan bau. Biasanya mereka membuangnya malam, subuh, terkadang pagi-pagi. Apalagi kalau hujan, air pembuangannya sangat besar. Sekarang baunya agak mending. Tapi beberapa bulan sebelumnya sangat menyengat sekali,” ungkap Sudrajat (52), warga setempat yang tinggal persis di atas saluran air tersebut, Minggu 17 Desember 2023.

Ketua LPM Tegallega, Isa Anggarasora, membenarkan bahwa selama ini pihaknya menerima banyak keluhan masyarakat tentang pembuangan limbah dari dan tersebut.

“Warga banyak yang mengeluh dan merasa tidak nyaman. Maka kami dari LPM melaporkan persoalan ini ke Kelurahan,” ujarnya.

, Hardi Suhardiman, yang ditemui di lokasi, mengatakan, berdasarkan pengaduan masyarakat pada bulan Mei 2023 silam juga pernah mengecek saluran pembuangan limbah dan tersebut.

Baca juga : Heboh, Anak Artis Diculik di Bogor!

“Pada Mei 2023 lalu pihak mall pernah mengambil sampel air yang dibuang ke Sungai Ciparigi ini. Waktu itu pihak mereka pernah berjanji akan memberitahukan hasilnya. Tapi sampai hari ini tidak ada kabarnya,” katanya.

Hardi menegaskan bahwa, sampel tersebut diperlukan sebagai bukti bahwa limbah yang dibuang tidak berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan.

“Hari ini ternyata warga juga masih mengeluh karena masih bau,” ujarnya.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here