Monday, 29 April 2024
HomeNasionalMelonjak 569 Persen, Transaksi Pengisian Kendaraan Listrik Saat Libur Natal 2023 Lebih...

Melonjak 569 Persen, Transaksi Pengisian Kendaraan Listrik Saat Libur Natal 2023 Lebih dari 1.800 Kali

Bogordaily.net Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat mencatat jumlah transaksi penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum () sepanjang 2023 mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun 2022.

Sejak tanggal 16 Desember, saat sebagian pelajar mulai libur, sampai dengan 26 Desember 2023, pelanggan yang mengisi kendaraan listriknya di wilayah Jabar mencapai 1.855 kali transaksi.

Jumlah pengisian kendaraan listrik selama periode tersebut melonjak 569 persen dibanding periode yang sama tahun 2022 yakni 277 kali transaksi.

Baca juga : Perselingkuhan Pramugari dan Pilot Dibongkar Istri Sah, Viral!

Peningkatan transaksi tersebut diikuti pula dengan pertumbuhan konsumsi listrik di SPKLU. Total konsumsi listrik mulai tanggal 16 Desember hingga 26 Desember 2023, mencapai 35.993 kWh atau naik 619 persen dibandingkan dengan periode sama tahun 2022 yang hanya mencatatkan 5,002 kWh.

General Manager UID Jabar, Susiana Mutia mengatakan bahwa, peningkatan konsumsi listrik di SPKLU mengindikasikan bahwa penggunaan kendaraan listrik di Jawa Barat semakin naik.

“Jumlah pengguna kendaraan listrik di Jawa Barat semakin meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu, kami terus menyiapkan berbagai infrastruktur pendukungnya baik melalui pembangunan sendiri maupun kolaborasi berupa kerjasama pengadaan SPKLU. Hal ini untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat, sekaligus mempercepat tujuan Net Zero emission tahun 2060,” kata Susiana.

Sediakan 148 Unit SPKLU

Susiana menjelaskan, untuk mendukung mobilisasi pengguna kendaraan listrik, telah menyediakan 148 unit SPKLU yang tersebar di 148 lokasi baik di rest area, tempat publik, tempat wisata, dan kantor .

Selain SPKLU, UID Jabar juga mendukung penyediaan listrik bagi Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Pengguna motor listrik dapat menggunakan SPBKLU dari PT Swap yang tersebar di 193 lokasi.

Baca juga : Skandal Film Porno: 11 Pemeran Tersangka, Penyidikan Terus Berlanjut

Susiana menyampaikan bahwa berkomitmen mendukung pertumbuhan ekositem kendaraan listrik dengan dengan berbagai strategi mulai dari penggunaan kendaraan listrik untuk operasional, penyediaan fasilitas charging station, penyediaan layanan digital EV Charging, program Jabar Smile untuk memberikan kemudahan pembelian kendaraan listrik, hingga kolaborasi dengan berbagai pihak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here