Sunday, 5 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Apel Siaga Bencana Alam Tahun 2023

Pemkab Bogor Apel Siaga Bencana Alam Tahun 2023

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melaksanakan Apel kesiapsiagaan penanggulangan tingkat Jawa Barat tahun 2023, di Lapangan Tegar Beriman, Jumat 8 Desember 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, apel siaga bencana dilakukan untuk mengkonsolidasikan dan mengecek kesiapsiagaan bencana karena se-Jawa Barat.

Khususnya sudah masuk musim hujan yang berpotensi menyebabkan bencana banjir, tanah longsor, puting beliung dan petir.

“Khusus untuk Kabupaten Bogor kami Pemkab Bogor berdasarkan arahan Bupati dan hasil rapat forkopimda kami siap untuk antisipasi berupaya melakukan mitigasi bencana di Kabupaten Bogor,” kata Burhanudin, Jumat 8 Desember 2023.

“Salah satunya dengan cara pemetaan daerah rawan bencana sesuai dengan jenis bencana,” tambahnya.

Selanjutnya, Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara mengungkapkan, bukti upaya dan komitmen jajaran TNI dalam melakukan mitigasi bencana di Kabupaten Bogor.

Salah satunya melalui Latihan Mitigasi Bencana yang diselenggarakan pada pertengahan Juli di Sukamakmur yang diikuti oleh jajaran TNI juga Polri.

“Tidak hanya itu kami juga telah melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon di lahan tidur, lahan kritis dan lahan rawan longsor. Juga melakukan pembibitan sebanyak 2.500 pohon di Mako Kodim 0621,” ujar Dandim.

“Serta memetakan daerah rawan bencana berdasarkan data dari desa dan kecamatan yang dihimpun oleh BPBD bekerjasama dengan TNI dan Polri,” ungkapnya.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here