Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalPetarung MMA Berebut Sabuk KASAL di Atas Kapal Perang

Petarung MMA Berebut Sabuk KASAL di Atas Kapal Perang

Bogordaily.net – Sejumlah fighter dari berbagai kelas kategori bertarung dan bersaing menjadi yang terbaik dalam ajang Mixed Martial Art () Sabuk KASAL 2023.

Untuk pertama kalinya, kali ini digelar di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dr. Suharso -990 dan KRI Semarang – 594, pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Pertandingan perebutan sabuk KASAL ini dibuka dan disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhamad Ali.

spektakuler ini dihadiri pula sejumlah penonton dan pengamat dari berbagai negara, para panglima dan pejabat Mabes Angkatan Laut, Forkopimda DKI Jakarta, Pengurus Pusat dan Andre Choi dari ABS, Ketua DPR negara Cina, perwakilan BUMN, serta Pelatih BJJ (Brazilian Jujitsu).

Di lapangan Kolinlamil, pasukan dan warga menyaksikan pula pertandingan secara langsung melalui videotron.

Pelaksanaan kejuaraan ini sendiri didasari Surat Telegram Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Nomor 039/SPOT/1023 TWU 1023.1410 Tentang Kejuaraan Piala KASAL Tahun 2023 yang akan dilaksanakan di atas KRI dan Surat Perintah PANGKOLINLAMIL Nomor SPRIN/1701/X/2023 Tanggal 9 Oktober 2023 Tentang Penunjukan Panitia Pendukung Acara Kejuaraan Mixed Martial Art () di Kolinlamil.

Martin Sulaeman, fighter asal Jakarta, berhasil menyabet sabuk KASAL setelah berhasil membekuk rivalnya, Takhlis, dalam satu ronde saja.

Atas pertandingan yang pertama di atas Kapal Perang tersebut, jajaran TNI Angkatan Laut di bawah komando KASAL berhasil meraih rekor MURI.

Dalam kesempatan tersebut, Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan bahwa gelaran pertandingan tersebut sejalan dengan grand desain besar olahraga nasional yaitu mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter unggul, dan berprestasi dunia.

“Ajang ini dapat memperkuat tali persaudaraan, jiwa persatuan, dan semangat nasionalisme guna meningkatkan prestasi bangsa di bidang olahraga. Momentum ini juga harus kita optimalkan sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan kembali prestasi olahraga serta mendukung kembali pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

KASAL juga berharap ajang MMA ini melahirkan atlet-atlet MMA yang unggul sehingga dapat memberi kontribusi dalam membangun prestasi yang dapat mengharumkan nama Indonesia dalam berbagai ajang baik nasional maupun internasional.

Tentang MMA

MMA merupakan seni beladiri modern dengan ragam teknik serangan yang merupakan kombinasi dari seluruh elemen gerakan beladiri lain. Namun, seiring perkembangan zaman, MMA kini bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan kebugaran.

Mengingat fungsinya yang telah merambat ke cabang olahraga yang lebih general, MMA saat ini terbuka, tidak hanya bagi mereka yang ingin menjadi petarung di ranah profesional. Namun juga dapat terbuka bagi khalayak yang berminat untuk belajar maupun sekadar berolahraga.

MMA kini menjadi juga menjelma menjadi salah satu bidang olahraga yang akan dan selalu berkembang seiring berjalannya waktu dan banyaknya atlet atau petarung yang ikut bergabung didalam olahraga tersebut dan mengadaptasikan keahlian individunya kedalam disiplin ini dan tentunya juga cabang olahraga tersebut bisa kembali berkembang agar menjadi suatu bidang olahraga yang lebih bervariatif dan menarik bagi para ahli bela diri dan petarung-petarung lainnya.

Maka dari itu, sesuai dengan program prioritas KASAL Laksamana TNI Muhamad Ali untuk mengembangkan SDM TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh, serta membentuk prajurit yang unggul dalam bidangnya. Dalam hal ini kemampuan bela diri, melalui kejuaraan ini diharapkan bisa lebih menanamkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta terhadap Tanah Air dan bangsa, membina kemampuan diri pada bidang olahraga bela diri serta menguji keterampilan, ketangkasan, kreativitas dan menyatukan berbagai macam jenis keahlian bela diri dengan mengedepankan sportifitas dan daya juang sebagai seorang petarung atau fighter.
(Acep Mulyana)
Caption:
Salah satu pertandingan fighter MMA yang digelar di atas kapal perang memperebutkan sabuk KASAL Sabtu 9 Desember 2023. (Foto: Puspen TNI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here