Saturday, 27 July 2024
HomeBeritaPPIH 2024 Kapan Dibuka? Cek di Sini!

PPIH 2024 Kapan Dibuka? Cek di Sini!

Bogordaily.net – PPIH atau panitia penyelenggara ibadah haji 2024 kapan dibuka? Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengumumkan seleksi tersebut berserta rangkaiannya.

Pengumuman itu disampaikan Direktur Bina Haji Ditjen PHU, Arsad Hidayat, bahwa seleksi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) tahun 2024 bisa diakses melalui laman resmi Kementerian Agama.

Kapan Dibuka?

Melansir jadwal yang diumumkan pendaftaran dijadwalkan berlangsung mulai 7 hingga 17 Desember 2023.

Para peserta juga harus mengikuti dan memenuhi serangkaian tes yang sudah disiapkan.

Salah satunya memiliki surat rekomendasi. Surat rekomendasi petugas haji menjadi dokumen kunci dalam proses pendaftaran.

Bisa diperoleh dari ormas Islam, lembaga pendidikan, atau pesantren, surat ini memperkuat kualifikasi calon petugas haji.

Apa itu PPIH?

PPIH, sebagai agen pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jemaah haji, memiliki tugas mulia selama masa operasional penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia dan Arab Saudi.

Proses terbuka untuk PPIH kelompok terbang (Kloter) dan PPIH Arab Saudi. Tahapannya dimulai dari tingkat kabupaten/kota dan berlanjut ke tingkat provinsi.

PPIH Arab Saudi menyediakan beragam formasi, termasuk Pelaksana Pelayanan Akomodasi, Pelaksana Pelayanan Konsumsi, Pelaksana Pelayanan Transportasi, Pelaksana Bimbingan Ibadah, dan Pelaksana Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Lima formasi lain akan dibuka pada 2024, seperti Pelaksana Kedatangan dan Keberangkatan, Pelaksana Media Center Haji (MCH), Pelaksana Petugas Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKPPJH), Pelaksana Perlindungan Jemaah, dan Pelaksana Layanan Jemaah Penyandang Disabilitas.

Ujian Seleksi

Jika peserta telah dinyatakan memenuhi syarat maka harus mengikuti tes seleksi CAT di tingkat kabupaten/kota pada 21 Desember 2023.

Pengumuman hasil seleksi tingkat kabupaten/kota dijadwalkan pada 23 Desember 2023, dengan peserta yang lolos berhak melanjutkan seleksi di tingkat provinsi.

Dengan demikian, proses untuk tahun 2024 menjanjikan perjalanan menarik bagi para calon PPIH, mengharapkan keterlibatan mereka dalam menyelenggarakan ibadah haji dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

Itulah informasi dan ulasan mengenai kapan dibuka lengkap dengan jadwal dan rangkaian seleksinya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here