Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaPresiden Jokowi Monitoring Perkembangan Covid-19, Waspada Varian Baru

Presiden Jokowi Monitoring Perkembangan Covid-19, Waspada Varian Baru

Bogordaily.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, untuk memantau dengan cermat perkembangan kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. Pernyataan ini disampaikan oleh Jokowi di Monas, Jakarta Pusat.

“Saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk diikuti dan diamati betul secara detail perkembangannya seperti apa ya,” ujar Jokowi.

Menanggapi instruksi tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa Menteri Kesehatan melaporkan kondisi masih baik. Namun, Jokowi tetap waspada terhadap kemungkinan perkembangan selanjutnya.

Ketika ditanya tentang kemungkinan pemberlakuan wajib masker seperti pada masa awal pandemi Covid-19, Jokowi menyatakan bahwa hal tersebut belum diwacanakan. Kementerian Kesehatan masih terus memantau perkembangannya.

“Belum sampai ke sana (pakai masker), selalu diikuti dan diamati oleh Menteri Kesehatan dan jajaran,” tambahnya.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan RI melaporkan penambahan kasus harian COVID-19 di Indonesia sekitar 35-40 kasus per 6 Desember 2023.

Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit mencapai 60-131 orang. Meskipun terjadi peningkatan, tingkat keterisian rumah sakit hanya meningkat 0,06 persen dan angka kematian berkisar 0-3 kasus per hari.
Kenaikan kasus ini dipicu oleh subvarian Omicron XBB 1.5, yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat.
Meski begitu, kenaikan kasus masih jauh lebih rendah dibandingkan saat pandemi mencapai 50 ribu-400 ribu kasus per pekan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here