Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorJalan Raya Puncak Bogor Ditutup Malam Tahun Baru, Ini Jalur Alternatif yang...

Jalan Raya Puncak Bogor Ditutup Malam Tahun Baru, Ini Jalur Alternatif yang Bisa Dilewati

Bogordaily.net – Jalur alternatif di kawasan , Kabupaten Bogor berikut bisa dilalui oleh pengendara motor.

Pada malam tahun baru di sepanjang Jalan Raya akan diberlakukan car free night alias tanpa kendaraan bermotor sama sekali.

Jika tahun-tahun sebelumnya kendaraan roda dua atau motor masih bisa melintas, tetapi tahun ini berbeda.

Malam tanpa kendaraan akan diberlakukan di sepanjang Jalan Raya tanggal 31 Desember 2023 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2024 pukul 01.00 WIB.

Ketetapan tersebut seperti dikemukakan Kasatlantas Polres Bogor AKP R. Rizky Guntama Ganda Permana S.I.K.

Bupati Bogor Iwan Setiawan juga mengatakan hal serupa pada Minggu 24 Desember 2023 usai melakukan pemantauan arus lalu lintas Jalan Raya .

Bupati Bogor bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, Danrem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Anan Nurakhman, dan Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara.

“Kalau dulu berlaku hanya untuk kendaraan roda empat, sekarang roda dua juga. Tidak boleh berlalu lalang di Jalan Raya . Untuk kendaraan roda dua bisa menggunakan jalur-jalur alternatif,” kata Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Sedangkan bagi warga yang tinggal di kawasan , kata Bupati, warga bisa menyesuaikan.

“Warga sudah terbiasa, bisa menyesuaikan. Warga sekitar tahu jalur-jalur alternatif. Mudah-mudahan dengan tidak berlalu lalangnya kendaraan di Jalan Raya pada malam tahun Baru ini menjadi ramah lingkungan dan membuat nyaman,” ungkapnya.

Jalur Alternatif Bogor

Bagi warga di luar atau wisatawan yang bermaksud berlibur menuju hotel, tempat wisata, vila, dan keperluan lainnya bisa menggunakan jalur-jalur alternatif pada malam tahun baru.

Berikut panduan jalur-jalur alternatif yang bisa menjadi referensi baik pengguna kendaraan roda empat atau roda dua:

Dari Tol Jagorawi
Keluar pintu tol Sirkuit Sentul, Sentul Selatan, atau Summarecon. Kemudian via Sentul City – Cijayanti – Gunung Geulis – Pasir Angin. Dari Pasir Angin (sebelum Cafe Colecer) belok kiri ke arah Cipayung – Megamendung – Cilember – Jogjogan – Batulayang – Tugu Utara – Gunung Mas

Dari Cibinong
Masuk dari Ciluar – Pasir Laja – Sukaraja – Cimahpar – Katulampa – Pasir Angin – Cipayung – Megamendung – Cilember – Jogjogan – Batulayang – Tugu Utara – Gunung Mas.

Dari Kota Bogor dan Ciawi
Masuk via Bendungan (BBPMKP) – Sukabirus (Sukamahi) – Jalan Cikopo Selatan – Citeko – Cibeureum – Taman Safari Cisarua.

Dari Sukabumi dan Tol Bocimi
Keluar pintu tol Caringin – Cimande – Cikereteg – Telukpinang – Banjarbaru – Bendungan (BBPMKP) – Sukabirus (Sukamahi) – Jalan Cikopo Selatan – Citeko – Cibeureum – Taman Safari Cisarua.

Atau dari belokan Banjarbaru ke kanan menuju Banjarsari – Jambuluwuk (Cibedug) – Bojong Murni – Sukamanah (Pasar Pasirmuncang) – Jalan Cikopo Selatan – Citeko – Cibeureum – Taman Safari Cisarua.

Para pengendara yang ingin melintasi jalur-jalur alternatif ini diimbau agar melakukan persiapan secara matang terutama kondisi kendaraan yang prima.

Sebab, jalur alternatif tersebut banyak turunan dan tanjakan tajam. Tak hanya itu jalan masih rusak di beberapa titik, dan cukup sempit jika berpapasan.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here