Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorRatusan Warga Kabupaten Bogor Mengungsi Akibat Gempa M 4,6

Ratusan Warga Kabupaten Bogor Mengungsi Akibat Gempa M 4,6

Bogordaily.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sekitar 102 warga terdampak magnitudo 4,6 Sukabumi mengungsi ke tempat lebih aman.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik , M Adam Hamdani mengatakan saat ini warga telah mengungsi ke tenda yang disediakan oleh . Tepatnya di Desa Purasari dan Desa Purwabakti serta ke rumah kerabat lainnya.

Ia mengatakan, berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Jumat, 15 Desember 2023 pukul 10.25 WIB tercatat 285 KK/956 jiwa warga Kabupaten Bogor terdampak .

“Kaji cepat sementara menyebutkan, terdapat kerusakan infrastruktur di wilayah Kabupaten Bogor dengan rincian 2 unit rumah rusak berat. 32 unit rumah rusak sedang, 237 unit rumah rusak ringan dan 6 unit musala rusak,” kata M Adam Hamdani dalam keteranganya, Sabtu, 16 Desember 2023.

Baca Juga: Hasil Analisis PVMBG Soal Gempa M 4,6 Guncang Sukabumi dan Bogor

Menurut Adam, sebanyak 256 KK atau 829 jiwa warga Kabupaten Sukabumi turut terdampak dari adanya magnitudo 4,6 pada Kamis 14 Desember 2023. Sehingga menyebabkan puluhan unit rumah mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Kerusakan infrastruktur dan fasilitas umum juga dilaporkan terjadi di wilayah itu. Seperti 3 unit rumah alami rusak berat, 30 unit rumah rusak sedang, 151 unit rumah rusak ringan, 2 fasilitas umum dan terdapat jalan yang alami retak sebanyak 2 titik,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini selain melakukan penanganan evakuasi terhadap warga yang terdampak, BPBD dan BNPB juga turut mendirikan tenda pengungsi dan memberikan berbagai bantuan sembako kepada warga.

“BPBD dan tim gabungan di dua lokasi terdampak masih terus melakukan penanganan bencana. Seperti mendirikan tenda pengungsi, memberikan sembako, memberikan material bangunan dan mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak,” ujar Adam. (Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here