Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorSekda Burhanudin Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-75

Sekda Burhanudin Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-75

Bogordaily.net – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin memimpin upacara Hari Bela Negara ke-75 tingkat Kabupaten Bogor, di Lapangan Apel Sekretariat Daerah, Cibinong, Selasa 19 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Burhanudin menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Semangat Hari Bela Negara Ke-75 mengusung tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”. Upacara diikuti seluruh jajaran Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.

Sekda Burhanudin mengatakan bahwa, tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara,” kata Burhanudin, Selasa 19 Desember 2023.

Ia menambahkan, kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan.

Tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air,” ungkapnya.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here