Monday, 4 March 2024
HomeNasionalPajak Motor Bensin Bakal Naik, Alasannya Polusi

Pajak Motor Bensin Bakal Naik, Alasannya Polusi

Bogordaily.net bensin direncanakan naik oleh pemerintah dengan berbagai alasannya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) secara tiba-tiba mengusulkan kenaikan pajak kendaraan motor BBM.

Usulan ini sebagai langkah untuk mengurangi polusi udara dan subsidi angkutan umum.

Luhut menjelaskan, nantinya kenaikan pajak kendaraan motor BBM ini akan dialihkan untuk subsidi angkutan umum, seperti LRT dan kereta cepat.

“Tadi kita juga rapat, dan pemerintah tengah menyiapkan kebijakan menaikkan pajak untuk sepeda motor konvensional, sehingga nanti itu bisa subsidi ongkos-ongkos seperti LRT atau kereta cepat,” ujar Luhut dalam sambutannya di acara peluncuran BYD di Jakarta, yang dikutip, Jumat (19/1/2024).

Mantan Menkopolhukam ini melanjutkan, sebenarnya berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi polusi udara.

Mulai dari penerapan ganjil genap dan penyediaan infrastruktur pendukung transportasi publik.

Namun, pada dasarnya upaya tersebut belum membuahkan hasil dan efektif.

“Ini merupakan kebijakan penting, tidak hanya berbicara dan tidak hanya mengkritik saja karena tidak mudah melaksanakan ini,” imbuh dia.

Luhut menambahkan, pemerintah akan membahas lebih lanjut rencana kenaikan konvensional dalam rapat terbatas (ratas).

“Mengurangi subsidi yang sampai Rp 10 triliun yang kemarin diberikan oleh menteri Budi Sadikin kepada kami, tinggal nanti kita cari nanti ruangannya bagaimana untuk membuat ekonomi tetap berjalan dengan baik seperti Covid yang lalu, kita membuat ekuilibriumnya sehingga ekonomi bisa jalan,” kata Luhut menegaskan rencana bensin naik tersebut.(suara.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here