Sunday, 5 May 2024
HomeHiburanAminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Jadi Google Doodle Hari Ini

Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Jadi Google Doodle Hari Ini

Bogordaily.net – pemeran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan menjadi hari ini Senin, 29 Januari 2024.

Saat membuka halaman Google tampak ilustrasi gambar sosok wanita memakai kerudung dalam sebuah layar televisi jadul.

Televisi jadul tersebut menjadi pertanda sinetron Si Doel yang tayang pada 1994 atau 30 tahun lalu. Televisi tersebut menggantikan satu huruf ‘O' dalam Google. Tak hanya itu dalam ilustrasi tersebut juga terlihat gambar bunga dan dedaunan.

“Ulang tahun ke-86 ,” dalam keterangan di laman Google.

Senin, 29 Januari 2024 merupakan ulang tahun pemeran Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan yang ke-86.

Perjalanan Karier

Siti Aminah Tjendrakasih atau dibaca lahir pada 29 Januari 1938. Ia wafat pada 21 Desember 2022 atau di usianya ke-84 tahun.

Aminah merupakan putri pasangan pelawak Husin Nagib dan artis Wolly Sutinah. Namanya mulai populer setelah membintangi film Serampang 12 pada tahun 1956. Kemudian di tahun 1958 ia berperan dalam Asrama Dara.

Sejak duduk di bangku sekolah SKP, ini sudah mengenal dunia panggung. Awalnya tampil pada pentas sandiwara tahun 1955 sebagai pemain dan penyanyi.

Masih di tahun yang sama, Aminah juga terlibat dalam film Oh, Ibuku (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi).

. (Foto: Instagram @si.rano)

Perankan Tokoh Mak Nyak

Seiring perjalanan kariernya di dunia seni peran, nama Aminah sempat menghilang setelah membintangi Habis Gelap Terbitlah Terang. Ia kemudian menikah dengan Idris Permana pada tahun 1959.

Aminah kembali muncul pada 1970 dan tampil dalam beberapa sandiwara televisi. Setelahnya pada 1971 ia juga kembali berperan dalam sejumlah film.

Hingga akhirnya pada 1994 namanya semakin populer saat memerankan tokoh Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sinteron tersebut disutradarai oleh Rano Karno yang juga menjadi produser.

Tak hanya di dunia akting, ia juga aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Aminah pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian di LKB. Serta menjadi Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema.

Penghargaan

Sejumlah penghargaan terlah diraih Aminah. Yakni Festival Film Bandung pada 2012 ia memperoleh Lifetime Achievement Award.

Pada 2013 ia kembali meraih penghargaan yang sama yakni Lifetime Achievement Award. Kali ini dalam Indonesian Movie Actors Awards.

Lalu di 2018 Aminah mendapat Piala Maya 2018 berkat penampilan singkat nan berkesan dalam Si Doel the Movie.

Aminah mengidap glukoma hingga ia tak bisa melihat dan lumpuh. Ia meninggal dunia di rumahnya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada 21 Desember 2022. Dan dimakamkan di samping makam ibunya di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here