Wednesday, 1 May 2024
HomeOtomotifAngkot Listrik di Bogor Siap Beroperasi, Lima Angkot Diujicoba

Angkot Listrik di Bogor Siap Beroperasi, Lima Angkot Diujicoba

Bogordaily.net di Bogor siap dioperasikan. Kota ini dijadikan percontohan.

Angkot ini menjadi program dalam mendukung target Pemerintah tentang Net Zero Emission atau NZE 2060 terus dilakukan berbagai pihak.

Sarana transportasi umum ramah lingkungan serta pembuatan recharging station atau stasiun pengisian ulang baterai kendaraan listrik alias Electric Vehicle (EV) dirancang dan direalisasikan untuk menuju ekosistem EV yang menyeluruh.

Pemerintah Kota Bogor kini sedang melakukan kajian bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menentukan titik-titik recharging station atau tempat pengisian bahan bakar angkutan perkotaan alias angkot bertenaga listrik yang termasuk dalam Electric Vehicle (EV).

“Tempat charging dalam satu bulan ini akan dimatangkan setelah penandatanganan,” ungkap Marse Hendra Saputra, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor.

Rencana tempat charging atau isi ulang pengisian bahan bakar untuk ini berkenaan dengan keputusan Pemkot Bogor, untuk mulai mengoperasikan lima angkot tahun ini.

Pelaksanaannya dengan menggandeng perusahaan swasta.

akan difungsikan sebagai angkutan pengumpan (feeder) dari layanan BisKita yang beroperasi di jalan-jalan utama.

“Mulai tahun ini beroperasi, kerja sama dengan swasta, sementara lima unit () dulu untuk feeder,” jelas Rudy Mashudi.

Kelima unit itu akan menjadi percontohan moda transportasi massal yang ramah di dalam kota.

“Skemanya menjadi feeder yang ramah lingkungan bagi BTS. Untuk penentuan trayeknya menjadi kewenangan Dishub,” lanjutnya.

Penyediaan ini dilandasi pendatanganan nota kesepakatan antara Pemerintah Kota Bogor melalui Perumda Transportasi Pakuan (PTP) dengan PT Kalista Nusa Armada (Kalista). Dan mengenai rute atau trayek yang dilalui akan dibahas kemudian.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here