Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalApresiasi Program Desa BRILiaN, Wamen BUMN Yakin Pemberdayaan Desa Jadi Engine of...

Apresiasi Program Desa BRILiaN, Wamen BUMN Yakin Pemberdayaan Desa Jadi Engine of Growth Perekonomian Indonesia

Bogordaily.net – Wakil Menteri BUMN RI Kartika Wirjoatmodjo mengapresiasi program desa milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang biasa disebut sebagai langkah pemerataan ekonomi di pelosok negeri.

Menurutnya program Desa seperti ini bisa menjadi engine of growth dalam keberlanjutan pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5%.

Pernyataan itu diungkapkan saat malam ”Nugraha Karya 2023” yang dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta.

Acara ini merupakan malam apresiasi bagi desa-desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan melalui Program Desa BRILiaN.

Apresiasi Wamen BUMN

Di sisi lain, Wamen BUMN Kartika mengungkapkan Kementerian BUMN terus mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui segmen UMKM yang notabene memiliki kontribusi terhadap PDB sebesar 60,5%, serta penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Baca juga : Pertama Kali Azizah Salsha Unggah Foto Bersama Pratama Arhan, Netizen Girang

”Dengan peranan strategis desa dalam pembangunan nasional maka penguatan kapabilitas dan kompetensi berbagai fungsi penguatan , digitalisasi, pelatihan-pelatihan dan sebagainya sangat penting. Pengelolaan melalui optimasi ekosistem desa mulai dari Bumdes, kelompok usaha, UMKM, maupun Kapoktan perlu untuk diterapkan sesuai dengan prinsip SDG yang meliputi universalitas, integrasi dan incluciveness sehingga mendorong pertumbuhan yang merata di seluruh pedesaan Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, Kartika menyampaikan bahwa pemerintah akan fokus melakukan pengembangan sumber daya manusia pedesaan yang unggul menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, serta ekonomi demi menciptakan kesejahteraan merata.

Ini sejalan dengan target Indonesia emas di 2045 dengan menjadi negara maju dan salah satu kekuatan besar ekonomi dunia.

”Semangat transformasi ini diharapkan mulai terbentuk di entitas desa melalui sinergi dengan BRI Group, termasuk yang tepat sasaran sesuai potensi setiap desa dan karakteristik desa yang dibina,” lanjutnya.

Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Direktur Utama BRI Sunarso dan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting.

Nugraha Karya Desa BRILiaN

Nugraha Karya Desa BRILiaN merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh BRI sebagai rangkaian program Desa BRILiaN yang fokus pada pengembangan empat aspek.

Pertama, BUMDesa sebagai motor ekonomi desa. Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa.

Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Baca juga : Duka Mendalam, Ibunda Maxime Bouttier Meninggal Dunia

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa, Desa BRILiaN merupakan program desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa.

Hingga akhir tahun 2023 tercatat terdapat 3.178 desa yang telah mendapatkan Desa BRILiaN.

”Program ini diawali sejak tahun 2020 yang tidak lepas dari strategi perseroan untuk lebih dalam mengenal potensi wilayah dan merupakan salah satu bagian dari integrasi aktivitas dan eksistensi mantri BRI bersama inisiatif-inistiatif lainnya yakni Klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem yang merupakan suatu bentuk Ekosistem Konsolidasi Mikro,” imbuhnya.

Ini adalah kali ketiga program Nugraha Karya Desa BRILiaN dilaksanakan sejak pertama di tahun 2021, dengan agenda mencakup “Bincang Desa BRILiaN”, sebuah diskusi interaktif yang membahas Desa-desa BRIliaN dalam mengoptimalkan kekuatan potensi, inovasi untuk menggerakkan roda perekonomian Desa melalui kepemimpinan yang kuat, semangat Transformasi Desa melalui Sinergi Inovasi dan Digitalisasi, dilanjutkan dengan “Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian”.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here