Saturday, 4 May 2024
HomeEkonomiBank Muamalat - UIN Syarif Hidayatullah Kerja Sama Layanan Perbankan

Bank Muamalat – UIN Syarif Hidayatullah Kerja Sama Layanan Perbankan

Bogordaily.net – PT Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Islam Negeri () Syarif Hidayatullah terkait kerja sama dalam lingkup pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pemanfaatan produk perbankan syariah.

SEVP Retail Banking Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, kerja sama ini ditindaklanjuti dengan kerja sama konkret antara kedua belah pihak dalam bentuk pelaksanaan kegiatan sosial antara lain pemeliharaan masjid, pemberian Beasiswa Sarjana Muamalat, apresiasi bagi wisudawan/wati dengan skripsi terbaik serta pelatihan kepemimpinan.

sudah lama menjadi bagian . Oleh karena itu, sebagai bank syariah pertama di Indonesia kami siap memberikan layanan perbankan syariah terbaik. Kami juga akan melakukan kolaborasi seperti ini dengan perguruan tinggi lain,” ujar Dedy.

Sebelumnya, telah menggunakan Cash Management System (CMS) Madina milik yang memberikan layanan transaksi perbankan secara real time.

Adapun layanan ini bisa digunakan oleh diantaranya untuk remunerasi pegawai, pembayaran pajak dan pembayaran tagihan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

“Madina menawarkan fleksibilitas akses 24/7 serta kemudahan transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kampus. Nasabah juga dapat melakukan pemantauan keuangan secara berkala tanpa perlu datang ke bank,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa, perguruan tinggi merupakan salah satu sektor yang menjadi fokus perseroan untuk meningkatkan penetrasi layanan Madina.

Dalam layanan ini ditujukan untuk nasabah korporasi yang memungkinkan nasabah memonitor maupun melakukan transaksi perbankan nontunai atas seluruh rekening di secara realtime.

Sebagai informasi, PT Indonesia Tbk merupakan pionir perbankan syariah di Indonesia, didirikan pada  1 November 1991 yang digagas oleh MUI, ICMI, serta beberapa pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Indonesia.

Sejak beroperasi pada 1 Mei 1992, perseroan terus berinovasi dengan menghasilkan program dan layanan unggulan. Kartu Shar-E Gold Debit Bank Muamalat menjadi kartu chip bank syariah pertama di Indonesia yang dapat digunakan untuk bertransaksi bebas biaya, pada jutaan merchant di seluruh dunia.

Bank Muamalat juga meluncurkan kampanye #AyoHijrah yang mengajak masyarakat hidup berkah dengan menggunakan layanan keuangan yang sesuai dengan syariat.

Per 15 dan 16 November 2021, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Muamalat setelah menerima hibah saham dari Islamic Development Bank (IsDB) dan SEDCO Group.

Dengan demikian, total kepemilikan saham BPKH di Bank Muamalat menjadi 82,66%. Selain BPKH, saham Bank Muamalat juga dimiliki oleh IsDB sebesar 2,04% dan pemegang saham lainnya dengan porsi sebesar 15,30%.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here