Saturday, 18 May 2024
HomeKota BogorBeri Motivasi Siswa, SMA Bina Insani Gelar Pembekalan 2

Beri Motivasi Siswa, SMA Bina Insani Gelar Pembekalan 2

Bogordaily.net menggelar pembekalan 2 di Jimmers Mountain Resort, Kopo, Cisarua, Bogor pada tanggal 17-18 Januari 2024.

Sebanyak 81 siswa kelas XII turut serta dalam kegiatan pembekalan 2 yang bertujuan untuk mempersiapkan mental dan memberikan motivasi menjelang ujian-ujian penting seperti Ujian Sekolah (US), Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

Dengan tema besar “Lead Your Self: Be Passionate,” pembekalan 2 ini menyajikan berbagai kegiatan mulai dari acara pembukaan, sekapur sirih, hingga materi dan motivasi yang disampaikan oleh para narasumber.

Tujuan dari pembekalan 2 ini adalah agar siswa kelas XII lebih mantap dalam menyiapkan mental menghadapi ujian-ujian penting.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi siswa agar memiliki keyakinan dan keajegan dalam menentukan pilihan untuk masa depannya, serta cinta almamater .

Baca juga : Promo Harga Spesial dari Redbox Frozen Food, Cek di Sini

Oleh karena itu melalui kegiatan pembekalan 2 dalam bentuk seminar dan diskusi interaktif, siswa akan diberikan informasi tentang tips dan trik SNBP-SNBT yang akan disampaikan oleh Manajer Akademik Sekolah Bosowa Bina Insani, Tim Lavender Bina Cendekia dan motivasi dan muhasabah bersama Tim ESQ 165.

PDSS

Selain itu, ada pula arahan dan bimbingan terkait PDSS (Program Dukungan Sosial Sekolah) dan peta karir bersama koordinator BK .

Acara-acara tersebut akan dibuka sebelumnya dengan sekapur sirih yang akan disampaikan oleh manajer kesiswaan Sekolah Bosowa Bina Insani dengan judul Tentukan Pilihan Masa Depanmu!.

Selain itu, malam hari nanti, panitia juga sudah menyediakan acara khusus untuk siswa yaitu Acara Angkatan XXVII yang salah satu agendanya adalah pemilihan ketua angkatan XXVII dan penyusunan tekad angkatan.

Pembekalan 2 SMA Bina Insani

Dalam pembukaan acara, Manajer Kesiswaan Sekolah Bosowa Bina Insani, Dedi Supriyadi, memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu berpikir positif.

Ia menyampaikan, “Motivasimu adalah Realitamu dan kuncinya terletak pada Proses dan DUIT (Doa, Usaha, Iktiar, Tawakal). Diiringi oleh strategi-strategi yang menghasilkan,”

Sejalan dengan itu, Lies Rahmawati, Manajer Akademik Sekolah Bosowa Bina Insani sebagai salah satu narasumber di pembekalan 2 menjelaskan bahwa Target SMA Bosowa Bina Insani tahun ini 80% tembus PTN dari berbagai jalur.

“Impian harus dibangun dari sejak dini dan pergunakan peluang masuk PTN dari berbagai jalur. Kita harus bisa merefleksikan diri, mengenali diri melalui bakat, minat dan kemampuan,” tambah Lies.

Selain itu, siswa dimotivasi untuk bisa menentukan tujuan yang spesifik, memahami aturan seleksi PTN, daya saing jurusan, aturan dan kebijakan seleksi PTN 2024 lainnya.

UTBK

Materi seleksi UTBK pun perlu diketahui siswa termasuk jadwal masuk dan seleksi setiap PTN.

“Ada strategi utama yang perlu dipenuhi siswa yang eligible dan diperhatikan sekolah. Siswa tidak memilih satu jurusan yang sama dengan temannya karena akan bersaing dengan teman satu sekolah. Selama memenuhi kualifikasi terbaik di sekolahnya, mengikuti seleksi dengan baik, berikhtiar dengan optimal dan berdoa bersungguh-sungguh sebagai langkah selanjutnya insyaAllah akan mendapatkan hasil terbaik,” bebernya.

Adek Asrizal Kamil, Narasumber dari Tim ESQ memotivasi tentang arti sukses, yaitu ketika kita mampu mencapai impian, hidup dengan baik dan nyaman.

Berdasarkan hasil survei, manusia di dunia ini, 95% nya gagal dan hanya 5% berhasil dan sukses. Pemicu utama adanya golongan 95% adalah pikiran.

“Mereka ingin berhasil tetapi tidak terlihat dari ekspresi dan energi yang keluarkan untuk mewujudkan apa yang dipikirkan. Prinsipnya adalah apa pikirkan maka itu yang kamu dapatkan, apa yang kamu pikirkan akan mendorong bagaimana cara kamu bertindak dan harus didukung kalimat-kalimat yang menguatkan. Yakini keberhasilan itu dimulai dari diri sendiri dan ditentukan pola pikir yang dimiliki. Pola pikir yang ingin berubah membentuk motivasi untuk mencapai cita-cita dan impian. Dan itu semua Beyond Positive Thinking. Agar 100% sukses, langkahnya adalah afirmasikan, visualisasi kan, rasakan dan pikirkan,” ucapnya.

SNBP dan SNBT

Wim Wicaksono, narasumber dari Tim PT Lavender Bina Cendikia/Pejuang UI, memberikan informasi tentang tips and trik SNBP dan SNBT, serta memberikan saran dalam memilih jurusan PTN dengan berbagai jalur masuk PTN seperti SNBP, SNBT dan Mandiri yang kuotanya ditetapkan dengan presentase yang berbeda yakni 20%, 30% dan 50%.

“Setiap tahun kriteria dan cara penilaian saat seleksi berbeda. Sebelumnya saat istilahnya SNMPTN, penilaian seleksi hanya fokus kepada nilai pelajaran yang relevan dengan program studi yang dipilih. Prestasi bukan menjadi bagian utama penilaian seleksi di program studi yang akan dipilih. Namun sekarang dalam SMBP, minimal 50% dari rata-rata raport seluruh mata pelajaran dari semester 1 – 5. Juga prestasi lain selain nilai raport,” ungkapnya.

Menurutnya, ada faktor penentu kelulusan Jalur Prestasi adalah nilai cenderung meningkat dari semester 1 – 5, ada sertifikat-sertifikat prestasi akademik dan non akademik, tergantung akreditasi sekolah dan peringkat sekolah. Juga jumlah alumni PTN dan track record alumni.

Pembekalan 2 SMA Bina Insani

Baca juga : Nana Mirdad Selamatkan Bayi yang Dibuang di Semak-semak

Selain itu, prestasi sekolah di level nasional dan internasional juga faktor pemerataan daerah menentukan. Untuk tahun ini, ada ketetapan yang sangat mengikat bagi siswa yaitu apabila lulus jalur SNBP harus diambil dan tidak bisa ikut jalur-jalur lain, karena akan berpengaruh terhadap 2 tahun kedepannya. Untuk yang ikut SNBT, ikuti berbagai Tryout untuk melatih kecepatan menjawab soal.

“Fahami dulu minat bakat dan potensi diri. Kemudian riset atau cari info jurusan dan program studi, carilah alternatif pilihan jurusan dan program studi. Terpenting lagi adalah cek, dan bandingkan dengan kemampuan akademik yang dimiliki, daya tampung, dan keketatan. Kuliah di PTN itu tidak mudah namun tidak mustahil,” jelas Wim.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan dorongan positif bagi siswa-siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan, mencapai kesuksesan yang diimpikan dan terpilih menjalani versi terbaik dari diri.

terus berupaya memfasilitas siswa agar membuat keputusan terbaik untuk menjalani kehidupan dalam rangka menempuh peta kehidupan yang sudah ditata dan direncanakan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here