Wednesday, 8 May 2024
HomeOpiniBonni Sofianto: Pentingnya Mengenal Caleg yang Anda Pilih

Bonni Sofianto: Pentingnya Mengenal Caleg yang Anda Pilih

PEMILU 2024 akan dilaksanakan sebentar lagi, yaitu pada bulan Februari 2024.

Saya Calon Anggota Legislatif () dari Partai Amanat Nasional (PAN) Nomor urut 5 Daerah Pemilihan (DAPIL) 4 Kecamatan Tanah Sareal mengajak masyarakat mengenal siapa yang akan mereka pilih.

Karena akan berpengaruh pada situasi arah kebijakan dan pembangunan 5 tahun ke depan di Kota Bogor.

Dalam pengambilan keputusan masyarakat harus sadar dan mengetahui informasi mengenai latar belakang, rekam jejak, dan platform yang akan dipilih.

Dengan mengenal calegnya warga dapat memilih berdasarkan kesesuaian antara nilai-nilai pribadi dan program kerja yang ditawarkan.

Dengan mengetahui identitas dan latar belakang memungkinkan warga untuk meminta pertanggungjawaban atas janji dan tugas-tugas yang dijalankan setelah terpilih.

Pemilih yang memahami kebijakan dan janji dapat secara aktif memantau dan mengevaluasi kinerja mereka.

Legislatif merupakan lembaga yang mewakili kepentingan masyarakat. Pengetahuan tentang membantu memastikan bahwa warga memilih perwakilan yang benar-benar mewakili aspirasi dan kebutuhan mereka.

Transparansi dalam proses politik bisa mengurangi risiko korupsi dan nepotisme. Pemilih yang terinformasi lebih mungkin untuk menentang yang memiliki sejarah kegiatan koruptif atau yang menggunakan hubungan untuk keuntungan pribadi.

Oleh karena itu saya sangat menentang keras politik uang, karena selain pembodohan masyarakat, praktek suap menyuap juga dilarang di Agama manapun.

Dalam Islam praktek suap menyuap disampaikan pada Qur'an Surah Al Baqarah ayat 188 :

“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui”.

Pengetahuan mengenai fungsi dan proses legislatif merupakan bagian dari pendidikan politik bagi warga.

Ini membantu masyarakat untuk lebih memahami dan terlibat dengan sistem demokrasi.

Keterlibatan warga dalam proses pemilihan yang berdasarkan informasi dapat meningkatkan legitimasi dan stabilitas demokrasi.

Ini memastikan bahwa pemerintahan mencerminkan kehendak berdasarkan kepercayaan dan kebutuhan rakyat.
menambahkan, dengan mengetahui informasi yang cukup tentang caleg, warga dapat berpartisipasi secara lebih aktif dan bertanggung jawab dalam proses demokrasi dan secara efektif membentuk arah politik dalam bernegara.***

Penulis:
Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bogor No Urut 5 Daerah Pilih (Dapil) Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here