Monday, 4 March 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Kabupaten Bogor Apresiasi Pembagian KTP-el untuk Pelajar

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Apresiasi Pembagian KTP-el untuk Pelajar

Bogordaily.net mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Bogor membagikan 1.460 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Indentitas Kependudukan Digital (IKD) kepada pemilih pemula di Kabupaten Bogor pada Senin 29 Januari 2024.

Adapun KTP-el dan IKD ini diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu kepada para pemilih pemula di SMK Negeri 1 Cibinong.

“Kami mengapresiasi langkah Pj. Bupati Bogor membagikan KTP-el dan IKD kepada pelajar yang telah memiliki hak pilih di Kabupaten Bogor,” kata ini pada, Rabu 31 Januari 2024.

Ia mengatakan, selain untuk memenuhi layanan dasar identitas kependudukan, penyerahan KTP-el dan IKD ini merupakan upaya pemerintah memastikan hak pilih warga negara bisa tersalurkan dengan baik pada Pemilu 14 Februari 2024.

“Pemilu 2024 semakin dekat. Penyerahan identitas kependudukan ini merupakan langkah yang bagus untuk memastikan semua warga negara menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu nanti,” jelasnya.

Sebelumnya, Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu, lakukan penyerahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dan Indentitas Kependudukan Digital (IKD) kepada 1.460 pelajar SMKN 1 Cibinong, di SMKN 1 Cibinong, Senin 29 Januari 2024.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa, selain KTP-el juga dilakukan aktivasi Indetitas Kependudukan Digital (IKD) yang dapat diakses melalui aplikasi pada play store atau Apps Smart Phone .

“IKD dan KTP-el saling melengkapi sehingga setiap penduduk dihimbau memiliki keduanya untuk memastikan keaktifan data diri dalam berbagai layanan publik,” kata Asmawa Tosepu, Senin 29 Januari 2024.

Ia menjelaskan, sesuai amanat UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu dan UU no 1 tahun 2015 Jo UU No 6 tahun 2022 bahwa salah satu peran pemerintah daerah adalah melalukan pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik.

“Tinggal 17 hari lagi kita menuju Pemilu serentak pada 14 Februari 2024. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh warga sekolah SMKN 1 Cibinong dan siswa dan siswi yang sudah memiliki hak pilih untuk menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024 nanti, jangan golput,” jelasnya.

Asmawa menambahkan, generasi muda harus mengawal pembangunan bangsa, dengan cara menggunakan hak pilih dengan optimal. Agar bermanfaat bagi kemajuan dan masa depan bangsa Indonesia.

“Sikapi informasi politik dengan bijak, jadilah pemilih cerdas. Ingat pilihan boleh beda tapi persatuan dan kesatuan bangsa harus terus kita jaga,” ujar Asmawa.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here