Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalKolaborasi Pemerintah dan Swasta: Menuju Ketahanan Pangan Kota Semarang

Kolaborasi Pemerintah dan Swasta: Menuju Ketahanan Pangan Kota Semarang

Bogordaily.net –  Pemerintah Kota (Pemkot) dan swasta berkolaborasi mlakukan berbagai langkah inovatif untuk meningkatkan berkelanjutan.

Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan tantangan serius dalam mencapai di Kota saat ini telah menjadi perhatian khusus.

Meski keterbatasan lahan menjadi hambatan, Kota berkomitmen untuk memperkuat ketahanan pangan melalui langkah-langkah inovatif.

Ia menyampaikan bahwa Kota perlu beradaptasi dengan kendala lahan dan kurangnya minat generasi muda di bidang pertanian.

“Kami memiliki visi kuat untuk meningkatkan produksi pangan lokal dengan dukungan kepada petani dan pengembangan teknologi pertanian,” kata Hevearita Gunaryanti Rahayu dalam keteranganya, Rabu, 10 Januari 2024.

Menurutnya, dalam upaya mengatasi krisis kebutuhan beras, pihaknya hanya mampu memenuhi 15% kebutuhan beras kota. Oleh karena itu, pihaknya berfokus untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat untuk solusi terintegrasi.

Selanjutnya, dalam menjawab pertanyaan terkait ketahanan pangan berkelanjutan, wali kota memaparkan dua aspek krusial yakni kuantitas dan kualitas.

Dalam aspek kuantitas yakni mengingat mobilitas tinggi penduduk , kerja sama dengan daerah hinterland menjadi kunci.

“Program urban farming juga ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, yang diharapkan berkembang menjadi subsisten,” jelasnya.

Kemudian aspek kualitas yakni upaya promosi bahan pangan alternatif dan pengawasan komoditas seperti sayur, buah, dan daging menjadi prioritas.

“Kami ingin memastikan masyarakat tidak hanya terfokus pada padi sebagai bahan pokok, tetapi juga mendapatkan nutrisi seimbang melalui variasi pangan,” jelasnya.

Wali kota yang disapa Mbak Ita berharap kolaborasi lintas sektor dapat menciptakan solusi terintegrasi untuk meningkatkan ketahanan pangan. Dan memastikan Kota tetap kuat di masa depan. (Albin Pandita)

Pemerintah Kota (Pemkot) dan swasta berkolaborasi melakukan berbagai langkah inovatif. (Istimewa/Bogordaily.net).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here