Wednesday, 1 May 2024
HomePolitikMakan Malam Jokowi-Prabowo Bikin Kubu Ganjar Meradang: Presiden Ngga Netral!

Makan Malam Jokowi-Prabowo Bikin Kubu Ganjar Meradang: Presiden Ngga Netral!

Bogordaily.net – Makan malam Jokowi dan memicu tensi politi makin panas, kubu Ganjar dan PDIP meradang dan menyebut presiden tidak netral.

Adalah Ketua DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun yang angkat bicara menanggapi pertemuan makan malam antara Presiden Joko Widodo dengan calon presiden nomor urut 2 Subianto pada Jumat malam itu.

Menurutnya, pertemuan itu telah mengkonfirmasi dukungan Jokowi terhadap .

“Ya kalau banyak pihak mempertanyakan pertemuan Pak Jokowi dan Pak malam itu saya kira wajar-wajar saja. Karena pertemuan malam itu seakan-akan konfirmasi pernyataan Menkominfo kemarin bahwa pak Jokowi mendukung pak ,” kata Komarudin kepada wartawan yang disampaikan melalui video, Sabtu (6/1/2024).

Namun ia menyingung netralitas Jokowi sebagai kepala negara di Pilpres 2024. Sebab, sebelumnya Jokowi sudah mengumpulkan seluruh pejabat untuk menyampaikan pesan netral di Pemilu.

“Padahal pak Jokowi sendiri beberapa waktu ini mengumpulkan seluruh pejabat Gubernur, Bupati, Wali Kota, KPU, Bawaslu pusat daerah kemudian pimpinan TNI, Polri kepala desa seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Yang mungkin baru pertama kali dalam sejarah bangsa Indonesia kepala negara mengumpulkan institusi sebanyak itu dengan pesan harus netral,” sambungnya.

Namun ia menyayangkan, dengan pesan yang disampaikan kepada penyelenggara termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral, justru Jokowi terkesan tak netral dengan bertemu .

“Dan kalau pesan itu sudah disampaikan kepada khalayak kepada ASN presiden harus memberikan contoh kepada para penyelenggara negara itu,” tuturnya.

Padahal, lanjut dia, Pemilu itu harus menjunjung tinggi nilai demokrasi sebagai amanat reformasi 1998.

“Karena apa Pemilu 2024 akan menentukan masa depan Indonesia mau dibawa kemana. Jadi Pemilu yang betul betul harus demokratis, Pemilu yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dan Pemilu yang menjunjung tinggi Indonesia sebagai negara hukum, karena ini lah cita-cita perjuangan reformasi tahun 1998 yang harus diingat,” katanya.

Pertemuan Jokowi-

Sebelumnya, agenda pertemuan keduanya tersiar lewat grup WhatsApp serta media sosial yang menunjukan foto dan video keduanya tengah makan malam.

Dalam foto yang beredar, tampak Jokowi mengenakan kemeja lengan putih tertawa saat berbincang dengan . Sementara, mengenakan batik coklat.

Dikonfirmasi terpisah, Budiman Sudjatmiko membenarkan terkait adanya pertemuan tersebut.

“Betul saya sudah dapat konfirmasinya,” kata Budiman kepada Suara.com.

Pukul 20.23 sudah tidak melihat tanda-tanda keberadaan rombongan Jokowi dan .

Budiman sendiri tidak menegaskan saat ditanya berapa lama pertemuan antara Jokowi dan Prabowo.

Ia hanya menegaskan Prabowo sudah kembali ke kediaman di Jalan Kertanega Nomor IV melalui WhatsApp pukul 20.50.

Dia menegaskan keduanya hanya melakukan kegiatan makan malam bersama.

“Hanya makan malam biasa sehingga tak terlalu lama jadi tak perlu ditafsirkan berlebihan,” ujar Budiman.(suara.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here