Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorMengenal Akupunktur, dr Ursula : Tindakan Terukur dengan Jarum Khusus

Mengenal Akupunktur, dr Ursula : Tindakan Terukur dengan Jarum Khusus

Bogordaily.netSebagian besar orang pasti sudah mendengar bahkan tahu tentang praktik atau tusuk jarum. Dokter Spesialis Akupuntur Medik RSUD Kota Bogor, dr Ursula Firdaus Hasan, Sp.AK menyebut berasal dari bahasa Latin arus yang artinya jarum dan puncture yang artinya menusuk.

adalah teknik terapi menggunakan jarum yang ditusukkan pada titik-titik khusus di tubuh,” kata dr. Ursula Firdaus Hasan, Sp.AK.

Terapi dilakukan melalui teknik perangsangan titik dengan jarum, lisrik, ultrasound, termal, atau laser. Tujuan terapi ini untuk upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif.

Baca juga : Sarah Keihl Dikuliti Mantan Pacarnya Mahdy Reza Usai Dinikahi Bule. Kenakalannya Dibongkar!

Terapi medik dilakukan oleh dokter Spesialis (Sp.AK). medik dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan dokter spesialis lainnya, semisal spesialis saraf dan spesialis rehabilitasi medik.

Manfaat terutama berkaitan dengan saraf, hormon, dan imunitas. Akupunktur bisa mengurangi, antara lain nyeri sendi, nyeri kepala, nyeri haid, dan herpes.

Selain itu, akupuntur juga bisa mengobati diabetes, kolesterol termasuk gangguan hormonal, yakni tiroid serta gangguan telinga berdengung, Bahkan akupunktur dapat menaikkan imunitas tubuh, meredakan alergi, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih baik.

Baca juga : Menyusuri Kampung Palm Eco Green Village Malang, Makin Asri Berkat Program BRInita

Menurut dr. Ursula, prosedur pelaksanaan terapi akupunktur sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan anamnesis (wawancara pasien dengan tenaga medis) dan pemeriksaan fisik
  2. Pasien diposisikan senyaman mungkin
  3. Tindakan dan antiseptik
  4. Penusukan pada titik-titik tertentu sesuai dengan diagnosis yang telah ditegakkan dengan memakai jarum akupunktur steril
  5. Lama terapi biasanya 30 menit
  6. Jarum dicabut setelah terapi selesai.

Untuk informasi layanan pelanggan bisa menghubungi 0251-8312292. E-mail: [email protected]. Cek juga akun Instagram @rsud_kotabogor atau website di sini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here