Friday, 23 February 2024
HomePolitikPemkab Bogor Ajak Kades dan Kiyai Serukan Pemilu Damai

Pemkab Bogor Ajak Kades dan Kiyai Serukan Pemilu Damai

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor perkuat komitmen dan sinergitas dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) se-Kabupaten Bogor dalam menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa, sebagai aparatur penyelenggara negara, momentum Pemilu serentak 2024 memiliki tanggung jawab untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi berjalan damai, aman, lancar, dan kondusifitas wilayah Kabupaten Bogor bisa terjaga.

“Ini adalah agenda strategis nasional, maka sama-sama kita pastikan bahwa Pemilu berjalan damai, aman lancar, kondusifitas wilayah terjamin, serta tercapai partisipasi pemilih dalam menyalurkan hak suaranya dalam rangka sukses kepemimpinan nasional lima tahun kedepan,” kata Asmawa Tosepu, Rabu 10 Januari 2024.

Ia menghimbau kepada seluruh Camat, Kades, Lurah dan seluruh Forkopimcam untuk masif melakukan edukasi terkait pendidikan politik kepada seluruh masyarakat.

Pihaknya juga turut mengajak seluruh tokoh informal seperti Kiyai, dan alim ulama yang mempunyai basis massa sebagai jamaah yang besar untuk juga turut aktif mengedukasi masyarakat.

“Saya juga himbau dan ingatkan kades serta lurah agar jangan pernah berhenti, jangan lelah untuk mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk mengajak agar melaksanakan hak politiknya, hak konstitusi dalam rangka memilih pemimpin negeri,” jelasnya.

Selanjutnya, Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro mengajak seluruh stakeholder untuk menghindari politik identitas, karena politik identitas bisa mengancam ketentraman kamtibmas, menimbulkan perpecahan, menimbulkan paham primordial, menganggap orang lain di luar identitasnya adalah musuh, masyarakat jadi hancur gara-gara politik identitas.

“Itu tidak boleh terjadi, kita adalah bangsa yang besar punya Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD untuk menjaga kesatuan NKRI. Jangan sampai politik identitas masuk ke seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bogor,” ujar Kapolres Bogor.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here