Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalPentingnya Deteksi Kanker Payudara Deteksi Dini

Pentingnya Deteksi Kanker Payudara Deteksi Dini

Bogordaily.net – Deteksi penting dilakukan demi untuk keselamatan nyawa.

Dalam keseharian, telah menjadi momok menakutkan, terutama bagi wanita usia 40-60 tahun.

Menurut dr. Doni Noviartha P., Sp.Rad, dokter spesialis Radiologi di , bukan hanya tumor ganas yang paling sering terjadi pada wanita, tetapi juga menjadi penyebab utama kematian pada wanita.

Namun, ironisnya, pada stadium dini seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas.

Sebanyak 68 persen pasien baru mencari pengobatan ketika kanker telah mencapai stadium lanjut.

Faktor ini, kata dia, dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat tentang pemeriksaan sendiri payudara atau ‘SADARI', serta kurangnya pemahaman akan modalitas pemeriksaan radiologi untuk skrining dan deteksi lesi di payudara.

“Deteksi dini memiliki peran penting dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian,” ungkap dr. Doni Noviartha P., Sp.Rad, Kamis 11 Januari 2024.

Salah satu metode efektif untuk deteksi dini adalah menggunakan pemeriksaan radiologi, seperti mammografi dan ultrasonografi (USG).

Mammografi, sebagai modalitas utama untuk skrining, memiliki sensitivitas sekitar 78-85 persen.

Namun, sensitivitas ini dapat berkurang menjadi 68 persen pada wanita dengan jaringan payudara yang padat.

Oleh karena itu, dr. Doni Noviartha P., Sp.Rad menyarankan untuk menggunakan modalitas tambahan, seperti USG, terutama pada wanita dengan kepadatan jaringan payudara yang tinggi.

“Dengan melakukan pemeriksaan kombinasi mammografi dan USG, sensitivitas deteksi dapat meningkat hingga 91 persen,” tambahnya.

Untuk itu, penting bagi wanita, untuk melakukan pemeriksaan secara berkala di guna mendeteksi lebih awal kemungkinan adanya .

“Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita semua tentang urgensi mendeteksi dini sebelum terlambat. Periksakan diri Anda secara rutin untuk kesehatan dan keselamatan diri sendiri,” ungkapnya.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here