Monday, 29 April 2024
HomeNasionalPresiden Jokowi dan PM Timor Leste Bertemu di Istana Bogor, Ini yang...

Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Bertemu di Istana Bogor, Ini yang Dibahas

Bogordaily.net Presiden Joko Widodo () bertemu dengan Perdana Menteri(PM) Republik Demokratik Timor Leste, Kay Rala , di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat, 26 Januari 2024.

Berbagai hal dibahas dalam pertemuan tersebut. Mulai dari isu bilateral hingga kawasan. Kedua pemimpin antara lain bersepakat untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara.

“Kita sepakat untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. Saya juga menyambut baik reaktivasi Joint Boundary Committee untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas,” ujar Presiden dalam siaran pers BPMI Setpres yang dilansir dari laman Presidenri.go.id.

PM menyambut baik kinerja tim negosiasi perjanjian antara Indonesia dan Timor Leste. Ia yakin kedua negara dapat mendapatkan solusi dari persoalan perbatasan kedua negara di masa depan.

“Sebagaimana disampaikan oleh Presiden , kepentingan untuk menyelesaikan batas maritim dengan Indonesia akan memperkuat kedaulatan kedua negara kami,” ujar .

Terkait perbatasan, kedua pemimpin juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi. Presiden pun menyambut baik komitmen pemerintah Timor Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi.

“Saya juga mengapresiasi kepercayaan Timor-Leste pada BUMN Indonesia dalam berbagai proyek, seperti pembangunan jalan di Oecusse serta perluasan Bandara Internasional Dili,” imbuh Presiden .

“Dengan penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi, kita juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi, termasuk rencana investasi fiber optik,” sambungnya.

Di sisi lain, dalam konteks kerja sama regional, Indonesia mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. Tak hanya itu dan juga membahas isu Myanmar. Serta sepakat mendukung keketuaan Laos di ASEAN tahun ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here