Friday, 24 May 2024
HomeNasionalRekrutmen CPNS 2024: Link, Formasi, Cara Daftar dan Persyaratannya

Rekrutmen CPNS 2024: Link, Formasi, Cara Daftar dan Persyaratannya

Bogordaily.net 2024 segera dibuka. Pemerintah tengah bersiap untuk melaksanakan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2024.

Termasuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dalam laporan resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), disampaikan bahwa kebutuhan akan aparatur sipil negara (ASN) akan difokuskan pada formasi pelayanan dasar, khususnya guru dan tenaga kesehatan.

2024: Kuota “Fresh Graduate” Lebih Banyak di CPNS 2024

Meskipun jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan tahapannya belum diumumkan, terdapat informasi terbaru yang dapat terus dipantau melalui situs dan media sosial resmi pemerintah, termasuk SSCASN.

Plh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, menyampaikan bahwa untuk tahun 2024, pemerintah berencana membuka lebih banyak kesempatan bagi “fresh graduate” dengan menyiapkan sekitar 1,3 juta formasi.

Maksud dan Harapan Pemerintah dalam 2024

Aba Subagja menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima banyak masukan dan keluhan dari lulusan baru yang menghadapi kendala dalam mengambil bagian dalam program pemerintah.

Meskipun terdapat harapan besar dari masyarakat terkait , pemenuhan formasi pada tahun sebelumnya belum optimal.

Pemerintah berharap agar pada tahun 2024, jumlah formasi yang disiapkan tidak melebihi kuota yang telah ditentukan, memungkinkan semua instansi untuk melihat dan memaksimalkan potensi penerimaan ASN.

Dukungan terhadap Undang-Undang ASN 2023

Pengumuman penerimaan CPNS tahun 2024 juga sejalan dengan penetapan Undang-Undang ASN 2023.

Undang-undang ini diharapkan dapat mendukung pengurangan angka pengangguran di dalam negeri.

Sebagai respons, pemerintah berencana membuka seleksi CPNS dengan harapan dapat mengakomodasi banyak lulusan baru yang menjadi sumber daya manusia (SDM) berpotensi.

Fokus pada Kebutuhan Spesifik
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa pemerintah memfokuskan pembukaan formasi untuk “fresh graduate” tidak hanya sebagai upaya mengatasi pengangguran, melainkan untuk mendapatkan talenta dengan keahlian terkini.

Contohnya, kebutuhan akan SDM di bidang teknologi informasi dan keamanan siber nasional, serta yang memahami pariwisata nasional.

Persyaratan dan Proses Pendaftaran CPNS

Berkaitan dengan persyaratan pendaftaran CPNS, berkas yang diperlukan antara lain ijazah terakhir, KTP, pas foto, surat lamaran, kartu keluarga, dan transkrip nilai.

Persyaratan ini dapat berubah sesuai dengan formasi yang dilamar.

Calon pelamar juga diharuskan memenuhi syarat umum, seperti Warga Negara Indonesia, usia antara 18 hingga 35 tahun, tidak pernah dipidana penjara, dan kualifikasi pendidikan yang sesuai.

Link, Cara Daftar Akun CPNS dan Proses Pendaftaran

Meski link pendaftaran CPNS 2024 belum diumumkan, langkah-langkah umum melibatkan pengisian data diri, unggahan dokumen, dan proses pendaftaran akun melalui situs resmi seperti SSCASN.

Proses selanjutnya mencakup pemilihan jenis seleksi, formasi, serta pengunggahan dokumen persyaratan.

Setelah itu, pelamar dapat mencetak kartu pendaftaran sebagai tanda telah selesai melakukan proses pendaftaran.

Dengan kuota formasi yang signifikan, diharapkan rekrutmen ini tidak hanya memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara, tetapi juga memberikan peluang besar bagi “fresh graduate” untuk berkontribusi dalam reformasi birokrasi pemerintah.

Demikian informasi mengenai 2024.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here