Monday, 29 April 2024
HomeNasionalTom Lembong Siap? Disebut Gibran saat Debat. Ini Profilnya!

Tom Lembong Siap? Disebut Gibran saat Debat. Ini Profilnya!

Bogordaily.net siapa? Jadi topik perbincangan pasca debat Cawapres pada Minggu 21 Januari 2024.

Namanya berulang kali disebut Gibran saat debat keempat Pilpres 2024 yang diselenggarakan oleh KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat tersebut.

Dalam debat itu, situasi sempat beberapa kali memanas usai pernyataan para cawapres yang saling melontarkan pendapat mereka.

Salah satunya ketika cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyinggung nama mantan Menteri Investasi Indonesia, Thomas Lembong dalam pernyataannya untuk menyindir Muhaimin Iskandar.

“Mau saya jelaskan juga enggak apa-apa. LFP itu lithium ferro phosphate, tadi sudah saya bilang, itu sering digaungkan sama Pak (Thomas Lembong),” lanjut Gibran.

Nama Thomas Lembong atau yang disebutkan Gibran sendiri menjadi perbincangan publik.

Pasalnya, sempat membantu Presiden Jokowi yang notabene merupakan ayah dari Gibran Rakabuming saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Siapa? Inilah Profil Thomas Lembong

Lantas, siapa sosok sebenarnya? .

Pria bernama lengkap Thomas Trikasih Lembong ini merupakan politikus sekaligus ekonom Indonesia yang pernah berkecimpung di berbagai sektor.

Pengalaman hidupnya yang banyak ia habiskan di luar negeri sejak kecil membuatnya memiliki wawasan luas, terutama di bidang pembangunan serta perekonomian.

Tom bersama keluarganya pernah tinggal dan bersekolah di Jerman hingga usianya 10 tahun sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

Tom pun melanjutkan sekolah jenjang SD dan SMP di Sekolah Regina Pacis, Jakarta.

Saat memasuki bangku SMA, Tom memutuskan untuk kembali hijrah ke luar negeri tepatnya di Boston, Amerika Serikat.

Tak main-main, merupakan alumni dari Harvard University jurusan Arsitektur dan Perancangan Kota yang lulus pada tahun 1994.

Setelah lulus dari Harvard, langsung bekerja di salah satu bank investasi dan jasa keuangan multinasional Morgan Stanley di Singapura selama 4 tahun.

Setelah mengabdi begitu lama di luar negeri, Tom memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan berkarier sebagai investment banker di Deutsche Securities Indonesia sejak 1999 hingga 2000.

Nama Tom mulai diperhitungkan sata ia didaulat sebagai Kepala Divisi dan Wakil Presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dari 2000 hingga 2002.

Tom kembali berpindah tugas ke Farindo Investments pada 2002-2005.

Jabatan yang Pernah Diduduki

Tom juga pernah menjabat beberapa jabatan strategis lainnya, seperti :

  • Pendiri sekaligus direktur utama perusahaan ekuitas Quvat Management di Singapura.
  • Presiden komisaris PT Graha Layar Prima Tbk (BlitzMegaplex)
  • Tom juga didaulat untuk masuk ke pemerintahan pada 2013 sebagai penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Gubernur DKI Jakarta saat itu, Joko Widodo.
  • Ia kembali meneruskan perannya sebagai tangan kanan Jokowi hingga masa jabatan pertama Jokowi sebagai Presiden RI periode 2014-2019.
  • Ia juga sempat menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 27 Juli 2016-20 Oktober 2019.
  • Tom juga pernah ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan RI pada tahun 2015 hingga 2016.

Lepas dari pemerintahan, Tom akhirnya mendirikan sebuah wadah advokasi ekonomi bernama Consilience Policy Institute yang kini berdiri di Singapura.

Pada tahun 2021, Tom kembali bekerja sama dengan pemerintahan saat Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sebagai Ketua Dewan PT Impian Jaya Ancol.

Pada awal pembentukan timnas AMIN, didaulat sebagai co-captain dari Tim Pemenangan Nasional Anies-Cak Imin.

Demikian informasi dan ulasan mengenai tom Lembong siapa yang kerap disebut Gibran saat debat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here