Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalUpdate Kecelakaan Kereta di Cicalengka Bandung: 4 Tewas, Puluhan Luka-Luka

Update Kecelakaan Kereta di Cicalengka Bandung: 4 Tewas, Puluhan Luka-Luka

Bogordaily.net Update yang terjadi di lintas Haurpugur – , Jumat, 5 Januari 2024. Sebanyak empat orang dinyatakan meninggal dunia dalam tabrakan kereta api. Yakni antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – dan Commuterline Raya.

KAI melalui keterangan resminya menyampaikan seluruh penumpang hingga saat ini dilaporkan selamat. Meski demikian terdapat 22 penumpang yang mengalami luka-luka dan sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat.

“KAI sangat berduka dan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya empat petugas KA. Terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara, dan security, akibat peristiwa Api (KKA),” tulis keterangan yang diunggah di Instagram resmi @kai121_

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyebut tidak ada korban jiwa yang menimpa penumpang.  Total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang.

Korban Dievakuasi

Dari total penumpang tersebut terdapat 22 penumpang yang mengalami luka ringan dan telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan. Dengan rincian RSUD 18 orang, RS Edelweis 2 orang dan RS AMC 2 orang.

KAI sangat berduka dan menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya petugas KA terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara, dan security.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan,” ujar EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Para penumpang yang selamat telah dievakuasi ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang KAI sediakan.

Saat ini tim KAI beserta pihak-pihak terkait. Seperti TNI Polri, Basarnas, DJKA Kemenhub, KNKT dan pihak-pihak lain sedang melakukan upaya penanganan kecelakaan kedua kereta tersebut.

KAI juga berupaya mengatasi perjalanan sejumlah rangkaian KA lainnya yang melintas di jalur tersebut. Yakni dengan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Di sisi lain, terkait dengan kondisi jalur di kilometer 181+700, petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun yang saat ini belum dapat dilalui KA karena proses evakuasi, KAI melakukan rekayasa pola operasi berupa pengalihan rute beberapa KA melalui jalur – Cikampek – Kroya.

Sedangkan untuk KA lokal, perjalanan Commuterline Bandung Raya hanya sampai Stasiun Rancaekek. Sedangkan perjalanan Commuterline Rancaekek, , Cibatu, dan Garut dibatalkan.

Sebelumnya diberitakan terjadi Jumat, 5 Januari 2024, di lintas Haurpugur- , , antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA lokal Raya.

Kecelakaan tersebut di lintasan Haurpugur-  Km 181+700 terjadi pada pukul 06.03 WIB. Antara KA Turangga (65) dengan KA Commuter Line Bandung Raya (350).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here