Saturday, 27 April 2024
HomeEkonomiBeli Oleh-oleh di Vending Machine UMKM Buatan PLN di Stasiun Gambir

Beli Oleh-oleh di Vending Machine UMKM Buatan PLN di Stasiun Gambir

Bogordaily.net – Sekarang kita bisa membeli oleh-oleh di Stasiun Gambir, DKI Jakarta. buatan PT PLN (Persero) ini menyiapkan khusus untuk produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bekerjasama dengan PT KAI (Persero).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran, menjelaskan di Stasiun Gambir berbeda dari yang lain karena menyediakan oleh-oleh makanan khas Jakarta, di antaranya Kembang Goyang, Biji Ketapang, dan Akar Kelapa.

“Bagi penumpang kereta api yang belum sempat cari oleh-oleh khas Jakarta bisa mampir dan beli di PLN,” kata Lasiran.

Selain oleh-oleh khas Jakarta, yang dikelola PLN juga menyediakan aneka makanan ringan tradisional produk UMKM.

Baca juga: Bantu Pelanggan Pantau Penggunaan Listrik, Baca Meter Mandiri di PLN Mobile

“Berbeda dengan yang sudah ada, di sini menyediakan aneka snack tradisional tapi dikemas modern,” kata Lasiran.

kolaborasi PLN dan KAI terletak di lantai 2 Stasiun Gambir, di ruang tunggu penumpang tepatnya sebelah panggung musik. UMKM yang terlibat yaitu 12 usaha pilihan dengan produk snack atau makanan ringan dari HUB UMK Jakarta binaan PLN UID Jakarta Raya. Produk yang dipasarkan sudah berlabel halal, bersertifikat BPOM, PIRT, dan juga memiliki HAKI. Lasiran menegaskan untuk UMKM yang terlibat masih bisa bertambah jumlahnya.

Lebih lanjut, Lasiran menjelaskan bahwa pengelolaan stok juga sudah digital. Stok produk yang ada di mesin terpantau secara real time melalui aplikasi. Sehingga produk bisa segera diisi ulang apabila sudah menipis jumlahnya.

“Bisa dipantau lewat aplikasi, kalo sudah tipis tinggal kita minta UMKM untuk suplai produknya dan diisi ke ,” kata Lasiran.

buatan PLN

yang dikelola oleh PLN ini merupakan terobosan dari Menteri BUMN, Erick Tohir dengan mengkolaborasikan seluruh BUMN.

Peresmian di Stasiun Gambir dilaksanakan pada 22 Januari 2024 oleh Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran, dan EVP of Corporate Secretary KAI R. Agus Dwinanto Budiadji.
(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here