Thursday, 16 May 2024
HomeKota BogorBisKita Trans Pakuan Akan Perpanjang Rute Perjalanan hingga ke Cibinong

BisKita Trans Pakuan Akan Perpanjang Rute Perjalanan hingga ke Cibinong

Bogordaily.net Bogor akan memperpanjang rute perjalanan hingga ke wilayah Kabupaten Bogor melalui koridor Ciparigi – Cibinong.

Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor menyebut perpanjangan trayek itu dalam operasional perdana layanan bus The Service (BTS), di koridor Cibinong-Ciparigi.

Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Bogor Sapari mengatakan bahwa akan ada tujuh unit bus yang disediakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada tahap awal operasional BTS di trayek yang baru itu.

Baca Juga: Tanpa Login, Ini Cara Cek Pelacakan BisKita Trans Pakuan di Aplikasi Mitra Darat

Menurutnya, ketika layanan BTS sudah berjalan optimal, ia memperkirakan target penyediaan armada setiap 10 menit di rute Cibinong-Ciparigi, maka koridor trayek tersebut membutuhkan sekitar 15 unit bus.

“Dishub Kabupaten Bogor bersama BPTJ telah menyepakati untuk mulai mengoperasionalkan layanan BTS koridor Cibinong-Ciparigi pada Februari 2024,” kata Sapari, Selasa 27 Februari 2024.

Ia mengatakan, untuk saat ini kedua insitusi itu sedang melakukan kajian mengenai penyediaan sekitar 22 halte lyanan BTS yang akan melengkapi koridor Cibinong-Ciparigi.

“Untuk halte yang kita lihat, pertama jumlah, lalu bentuknya apakah permanen atau portable, ada juga dalam bentuk rambu, tapi semua memang perlu kajian dan konsolidasi dengan BPTJ,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bogor Dadang Kosasih menjelaskan halte-halte yang bakal dibangun di sepanjang Cibinong-Ciparigi itu menjadi sarana integrasi antara bus dengan angkutan penumpang.

“Dibangun sekitar 22 halte yang akan menjadi sarana pendukung pengoperasian jalur Cibinong-Ciparigi yang menjadi lintasan layanan angkutan umum BTS di Kabupaten Bogor,” ujar Dadang.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPTJ Suharto menyebutkan, melalui layanan BTS di trayek tersebut, maka penyediaan angkutan umum di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor kini terintegrasi.

“Nanti tugas kita mengintegrasikan dari sini (Cibinong) sampai sana (Sentul) tapi tahap awal, trayek dari Cibinong ke Ciparigi yang langsung Kota Bogor, insha Allah ke depan sampai ke Cisarua,” kata Suharto. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here