Friday, 23 February 2024
HomeHiburanCak Lontong Lulusan Mana? Marah-marahnya saat Kampanye di Banyuwangi Jadi Sorotan 

Cak Lontong Lulusan Mana? Marah-marahnya saat Kampanye di Banyuwangi Jadi Sorotan 

Bogordaily.net lulusan mana? Latar belakangnya jadi sorotan setelah videonya marah-marah saat kampanye di Banyuwangi viral.

rupanya ikut serta dalam kampanye akbar paslon 03 Ganjar-Mahfud di Banyuwangi, Jawa Timur. Kemarahan berawal dari penonton yang menunjukkan gestur jari angka dua.

Gara-gara gestur jari tersebut, menyebutnya wong ndeso yang dalam bahasa Indonesia berarti orang desa.

Namun ‘penyusup' yang jumlahnya tak sedikit itu malah ramai meneriakkan nama Prabowo sebagai capres dari paslon 02.

Padahal selama ini dikenal sebagai pelawak yang jauh dari kontroversi. 

Komedian bernama asli Lies Hartono itu, disorot lantaran disebut meloloti massa kampanye karena mengacungkan jari yang menunjukkan simbol pasangan capres lain.

Bahkan, yang satu panggung bersama rekan pelawaknya, Akbar Kobar sampai mengungkapkan kalimat sebutan ‘wong ndeso'. 

Viral di Media Sosial

Potongan video tersebut dibagikan akun X @tekarok007 pada Jumat (9/2/2024). menanyakan siapa yang tak mengacungkan angka jari 3, simbol nomor urut Ganjar-Mahfud dengan bahasa Jawa Timur.

“Iku pilih nomer pira iku (Itu tadi pilih nomor berapa itu)?” tanya nampak sambil melotot dan menunjuk ke massa.

“Jawa Timur ga usah kakean cangkem (banyak cerita),” sahut Akbar Kobar.

Entah kesal atau bercanda, lalu menanyakan lagi ke peserta kampanye, “Sapa koen (siapa kamu)? Wong ndeso koe (orang desa kamu).”

Dalam video berdurasi 52 detik juga turut ditampilkan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di atas panggung menanyakan pilih capres nomor berapa di Pilpres nanti.

Namun, teriakan yang banyak terdengar menyerukan pilih nomor urut 02.

Tak lama setelah video tersebut viral di sosial media, akun Instagram milik pun digeruduk netizen.

Banyak dari mereka yang mengaku kesal dengan kemarahan komedian kondang itu.

“Koen sopo?! Nuding2 wong sing bedo pilihan (Kamu siapa nunjuk-nujuk orang yang beda pilihan). Iki (Ini) negara demokrasi cak!,” tulis salah satu akun netizen.

“Hati-hati sama orang Banyuwangi cak,” tulis netizen lainnya.

“Sungguh sangat disayangkan seorang publik figur, bersikap dan berkata merendahkan di kota orang. Fanatik boleh cak.. Tapi yang beradab,” timpal netizen lainnya.

Beberapa netizen lain juga mengingatkan momen-momen kedekatan Cak Lontong dengan presiden Jokowi, yang notabene ayah dari calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Sampai Minggu (11/2/2024) komentar bernada kesal di unggahan terbaru Cak Lontong di Instagram sudah mencapai lebih dari 25 ribu.

Profil Cak Lontong

Latar belakang Cak Lontong pun jadi sorotan publik setelah aksinya viral itu.

Lies Hartono atau yang akrab disapa Cak Lontong merupakan pelawak kelahiran Magetan, Jawa Timur, pada 7 Oktober 1970. Di usia 53 tahun, Cak Lontong berstatus sebagai suami Nila Saraswati dan ayah untuk dua anak.

Nama panggung Cak Lontong berasal dari bentuk badannya yang kurus dan tinggi menyerupai lontong saat kanak-kanak hingga remaja. Sementara Cak adalah panggilan untuk laki-laki di Jawa Timur.

Agama Cak Lontong sejak lahir adalah Islam. Istri Cak Lontong pun selalu mengenakan hijab dalam keseharian.

Cak Lontong Lulusan Mana?

Cak Lontong lulus dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan gelar Insinyur. Kariernya sebagai pelawak dimulai dengan bergabung di grup ludruk Cap Toegoe di Surabaya.

Gaya lawan Cak Lontong yang mengena tanpa merendahkan pihak lain membawa angin segar bagi dunia lawak Indonesia. Lawakan Cak Lontong disampaikan dengan sederhana, tetapi menggunakan bahasa baku yang terstruktur.

Selain itu, lawakan Cak Lontong juga kerap berlogika absurd sehingga membuat pendengarnya akan berpikir sejenak sebelum bereaksi. Oleh sebab itu, Cak Lontong dijuluki ahli silogisme.

Jejak Karier 

Nama Cak Lontong mulai dikenal masyarakat Indonesia secara luas setelah membintangi Republik BBM, tampil di Stand Up Comedy Show Metro TV, hingga jadi panelis di Indonesia Lawak Klub Trans 7.

Selain acara-acara televisi, karier Cak Lontong sudah merambah ke dunia akting. Cak Lontong kerap bermain di film komedi seperti Comic 8 (2014).

Cak Lontong juga merupakan bagian dari sinetron “Mendadak Dangdut the Series” (2010), “Pesantren & Rock'N Roll” (2011), dan “Cinta Salsabilla” (2012). Diakui Cak Lontong, ia hanya mengambil proyek komedi untuk karier aktingnya.

Selama lebih dari tiga dekade kariernya sebagai pelawak, Cak Lontong pernah mendapat nominasi di Indonesian Comedy Awards 2023 sebagai Komedian Terfavorit. Cak Lontong juga diminta membintangi video klip Noah “Di Atas Normal” (2022) bareng pelawak-pelawak kenamaan Tanah Air lainnya.

Sayangnya karena marah-marah saat kampanye, Cak Lontong belakangan jadi ramai dikritik. Hingga berita ini diterbitkan, Cak Lontong belum memberikan klarifikasi apapun terkait masalah tersebut.

Demikian informasi dan ulasan mengenai Cak Lontong lulusan mana yang jadi sorotan usai video marahnya di Kampanye di Banyuwangi viral.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here