Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorDedie Rachim Kunjungi Pasar Dongko: Harus Jadi Inspirasi RW Lain di Kota...

Dedie Rachim Kunjungi Pasar Dongko: Harus Jadi Inspirasi RW Lain di Kota Bogor

Bogordaily.net – Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim mengunjungi di GG Abdul Qodir, RT 04/02, Jalan Pangeran Sogiri, Kelurahan Tanah Baru, Kota Bogor, Minggu (11/2/2024). 

Di pasar yang digelar sebulan sekali ini, ibu-ibu yang merupakan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekebun menjual hasil kebunnya yang diolah menjadi berbagai makanan tradisional Sunda.

“Ini model pemberdayaan ekonomi masyarakat yang riil ada di lapangan,” ujar .

Dedie turut memberikan mengapresiasi atas ide terbentuknya ini. Menurutnya, ini merupakan sebuah langkah yang bisa mendorong kebangkitan UMKM sekaligus menjadi tujuan wisata apalagi pemilihan lokasi yang berada di gang ini nampak luar biasa, karena kebersihannya terjaga dan juga asri dengan pepohonan.

“Saya harap gerakan seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi RW lainnya di Kota Bogor,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua RW 02, Kastim mengatakan, ini lahir pada 2018. 

Lahirnya berawal dari RW 02, Kelurahan Tanah Baru yang berhasil menjadi juara Bogor Ku Bersih tingkat Kota Bogor dan mendapatkan hadiah uang tunai. 

Hadiah ini kemudian dialokasikan untuk membeli bibit tanaman, pupuk tanaman dan terbentuklah KWT Sekebun.

“Dari KWT Sekebun ini kami panen namun bingung belum ada pasar untuk menjual hasil panen, akhirnya kami buat untuk menjual hasil panen KWT Sekebun,” ujar Kastim.

Kastim menuturkan, hampir 90 persen hasil KWT Sekebun diolah menjadi makanan tradisional khas Sunda yang semuanya dikemas dengan daun pisang alias tanpa plastik atau styrofoam. 

Selama 6 tahun ini rutin dilaksanakan setiap bulan di awal minggu. Pihaknya hanya libur di bulan puasa saja, bahkan di masa Pandemi Covid-19 pun tetap berjualan melalui daring.

“Alhamdulillah respon masyarakat juga bagus karena bertahan sampai 6 tahun. Bukan hanya dari masyarakat sekitar tapi juga dari kota lain dan dari luar negeri,” terangnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here