Monday, 17 June 2024
HomeKota BogorDinkes Siagakan Fasilitas Kesehatan 24 jam, Petugas KPPS Diberi Vitamin

Dinkes Siagakan Fasilitas Kesehatan 24 jam, Petugas KPPS Diberi Vitamin

Bogordaily.net – Kesehatan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung dan menyukseskan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, khususnya bagi para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan kelancaran, kejujuran, dan keadilan dalam proses pemilihan umum saat hari pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara yang kadang berlangsung hingga malam hari.

Untuk mendukung hal tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor telah melakukan beberapa langkah dan mempersiapkan fasilitas kesehatan.

“Berkaca dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya kami dari Dinas Kesehatan Kota Bogor sesuai edaran dari Kementerian Kesehatan untuk memberikan dukungan terhadap tahapan pemungutan suara , khususnya bagi para agar dapat melaksanakan tanggung jawab dengan baik dan prosesnya berjalan lancar tanpa terkendala kesehatan,” kata Kepala , Sri Nowo Retno usia mengikuti apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 Polresta Bogor Kota di GOR Pajajaran, Jalan Pemuda, Kota Bogor, Selasa 13 Februari 2024.

Baca juga : Debut Akting, Lisa BLACKPINK Bakal Bintangi The White Lotus 3

Pemeriksaan Kesehatan

Untuk mencegah tumbangnya para , sudah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi .

Mulai dari tahap skrining kesehatan sebelum mendaftar KPPS hingga setelah terseleksi pada 1- 6 Februari 2024 telah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh . Untuk lebih memastikan semua puskesmas di Kota Bogor dilibatkan.

Dari 18.274 yang hadir saat pemeriksaan kesehatan, pihaknya sudah memetakan by name dan by address para yang memiliki risiko, mulai dari berisiko tinggi, lansia, hipertensi, diabetes hingga faktor risiko penyakit yang perlu mendapat perhatian.

“Sesuai data yang diperoleh saat pemeriksaan bagi yang memiliki penyakit tersebut Dinas Kesehatan memberi pengobatan dan harus rajin kontrol ke puskesmas, selain itu akan terus dipantau oleh puskesmas. Untuk lebih mendukung selama pelaksanaan pemilu hingga perhitungan suara akan di support dengan vitamin yang dibagikan puskesmas,” kata Retno sapaan Kadinkes.

Sejak hari H-1 hingga H+5 pemungutan suara, puskesmas di Kota Bogor siaga 24 jam lengkap dengan ambulance PSC Dinkes.

Baca juga : Awas, Terlibat Serangan Fajar Pemilu 2024 Bisa Dipenjara

Total ambulance yang dipersiapkan Dinas Kesehatan Kota Bogor ada 22 unit. Tidak hanya puskesmas, semua rumah sakit di Kota Bogor ditunjuk sebagai rujukan dan harus siap menerima, ketika ada petugas yang memerlukan bantuan kesehatan.

Khusus di hari pencoblosan suara pada Rabu 14 Februari 2024, Dinkes menyiagakan posko kesehatan lengkap dengan petugas medis di kelurahan.

Saat perhitungan suara mulai 15 – 24 Februari 2024 Dinkes menyiagakan posko kesehatan di kecamatan.

“Sesuai koordinasi dengan wilayah, jadi nanti alur rujukannya sudah ada PIC sehingga ketika ada petugas yang memerlukan bantuan kesehatan, puskesmas dengan ambulance langsung membawa ke rumah sakit rujukan terdekat,” katanya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here