Saturday, 24 February 2024
HomeNasionalHari Pers Nasional 2024: Sejarah, Tema dan Logo HPN

Hari Pers Nasional 2024: Sejarah, Tema dan Logo HPN

Bogordaily.net 2024 berikut sejarah dan logo tahun ini. diperingati 9 Februari pada setiap tahunnya. diperingati bersama dengan Hari PWI atau Persatuan Wartawan Indonesia.

Menilik sejarah sebagaimana dilansir di laman resmi PWI, Persatuan Wartawan Indonesia merupakan organisasi wartawan pertama di Indonesia.

PWI berdiri 9 Februari 1946 di Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Tanggal tersebut juga disebut sebagai Hari Pers Nasional.

“Dengan lahirnya PWI, wartawan Indonesia menjadi tangguh untuk tampil sebagai ujung tombak perjuangan Indonesia dalam menentang kembalinya kolonialisme dan negara lain yang ingin meruntuhkan RI,” tulis PWI.

Organisasi PWI lahir mendahului SPS atau Serikat Penerbit Suratkabar. Aspirasi perjuangan kewartawanan Indonesia yang melahirkan PWI juga yang melahirkan SPS.

Empat bulan kemudian tepatnya Juni 1946 PWI menjadi wadah para wartawan untuk memperjuangkan bangsa lewat tulisan.

Sejauh ini, sebagaimana para jurnalis Indonesia di masa penggalangan kesadaran bangsa, para wartawan dari generasi 1945 yang masih aktif tetap menjalankan profesinya. Yakni dengan semangat mengutamakan perjuangan bangsa.

Tema dan Logo Hari Pers Nasional 2024 

2024 akan diselenggarakan di Jakarta dengan tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.”

Tema ini berkaitan dengan . Insan pers diharapkan tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah suasana pesta demokrasi saat ini. Seperti diketahui hari pencoblosan berlangsung di bulan ini yakni Rabu, 14 Februari 2024.

Kemudian logo 2024 terdiri dari perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan biru. Tak hanya itu terdapat tulisan besar yang dikelilingi oleh tiga karakter hewan. Salah satunya harimau.

Lalu di bagian bawah terdapat tulisan Hari Pers Nasional DKI Jakarta 2024. Hal ini berkaitan dengan perayaan Hari Pers Nasional 2024 yang rencananya diadakan di Jakarta.

Demikian sejarah dan logo yang diperingati 9 Februari 2024.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here