Friday, 23 February 2024
HomeKabupaten BogorJaga Kondusifitas, Pj Bupati Bogor Apel Siaga Minggu Tenang Pilpres 2024

Jaga Kondusifitas, Pj Bupati Bogor Apel Siaga Minggu Tenang Pilpres 2024

Bogordaily.net – Matangkan persiapan jelang pelaksanaan pesta demokrasi serentak, Asmawa Tosepu lakukan Minggu Tenang Pilpres dan Pungut Hitung Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Lapangan Tegar Beriman, Sabtu 10 Februari 2024.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa, pelaksanaan apel hari ini menunjukkan komitmen kesiapan Pemkab Bogor dan seluruh penyelenggara  dalam rangka mengawal pelaksanaan pesta demokrasi khususnya di Kabupaten Bogor ini.

Menurutnya, sebagaimana diketahui bahwa setelah pelaksanaan pengawasan untuk masa kampanye, maka hari ini adalah hari terakhir kampanye dan mulai besok memasuki masa tenang. 

Sebelum masuk pada hari pelaksanaan pungut hitung, tentu tugas semakin berat sebagai pengawas, karena masa tenang dan masa penghitung adalah titik krusial dalam pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 ini.

“Oleh karena itu mengulang apa yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor tadi bahwa dibutuhkan kemampuan, keberanian, kompetensi dan paling utama adalah memahami peraturan perundang-undangan tentang kepemiluan,” kata Asmawa Tosepu.

“Bagi bapak ibu saudara-saudara yang sudah ditunjuk sebagai pengawas dalam pelaksanaan pemilu tahun ini, tanggung jawab ini semakin berat, terlebih Kabupaten Bogor dengan luas wilayah yang cukup besar, kemudian jumlah penduduk yang cukup banyak,” jelasnya.

Ia optimis dengan jumlah pemilih terbesar se-Indonesia suksesi Pemilu 2024 di Kabupaten Bogor bisa terwujud dengan baik melalui pengawasan dengan seksama terhadap pelaksanaan pemilu.

“Saya yakin dan optimis dengan kesiapan kita pada apel pagi hari ini maka ini menunjukkan komitmen bahwa kita siap melaksanakan tugas mulia ini, dalam rangka menghadirkan pemimpin-pemimpin bangsa dan negara termasuk pemimpin di Kabupaten Bogor ini,” ujar Asmawa.

Dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengawas Pemilu mulai dari tingkat Kabupaten, tingkat kecamatan, desa dan kelurahan sampai pada tingkat TPS untuk benar-benar telah mendarmabaktikan dirinya, mendedikasikan dirinya untuk melakukan pengawasan pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini. 

Kemudian, terkait penertiban alat peraga kampanye di masa tenang maka pada kesempatan ini saya mohon saudara-saudara, petugas di lapangan, pengawas baik pada tingkat kecamatan, desa, kelurahan sampai pada TPS untuk berkoordinasi, bersinergi dengan aparat yang ada di wilayah.

Oleh karenanya, pada kesempatan ini saya menginstruksikan kepada Satpol PP, Kesbangpol, BPBD, Damkar DPKPP kemudian aparat yang terkait di kecamatan untuk bersama-sama untuk membersihkan Alat Peraga Kampanye yang sudah digunakan selama masa kampanye untuk dibersihkan pada masa tenang ini.

“Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan bahwa pada masa tenang memang tidak ada lagi alat peraga kampanye, tugas kita semakin berat, tetapi kita bisa kerjakan bersama-sama, insya Allah ini semua bisa kita lewati dengan baik. Mari saudara-saudara pengawas pemilu yang ada di Kabupaten Bogor untuk bersama-sama, mari kita ciptakan suasana kondusifitas wilayah,” ungkapnya mengenai Minggu Tenang itu.***

(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here