Tuesday, 27 February 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemkab untuk Modernisasi Alat Pertanian

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemkab untuk Modernisasi Alat Pertanian

Bogordaily.net – Ketua DPRD Kabupaten Bogor meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk dapat memodernisasi alat-alat pertanian.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan produktivitas pertanian di Bumi Tegar Beriman dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Menurutnya, modernisasi pertanian di Kabupaten Bogor memang sangat diperlukan untuk menjaga alih fungsi lahan pertanian.

“Kita memang harus membangun desain pertanian kita sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini sambil jaga keseimbangan lingkungan,” kata , Selasa 6 Februari 2024.

Rudy mengatakan, untuk modernisasi dibutuhkan juga penggunaan teknologi mesin yang mutakhir dan tepat guna, khususnya dalam penanganan hama pertanian hingga memasuki masa panen.

“Karena itu, keterlibatan para ahli diperlukan untuk mengedukasi petani. Pertanian kita harus dimodernisasi, teknologinya, perlakuan atau cara perawatan dan budidayanya,” jelasnya.

“Faktor yang mendukung pertanian modern adalah Sumber Daya Manusia (SDM), benih berkualitas tinggi, hasil pertanian yang berkualitas, serta mekanisasi berteknologi tinggi,” tambah ketua DPRD Kabupaten Bogor ini.

Sementara itu, meskipun memberikan saran agar pemerintah daerah untuk memodernisasi teknologi pertanian dan memberdayakan praktisi.

Ia juga turut mengapresiasi langkah Pemkab Bogor menjalankan peranan memajukan pertanian modern, dengan mengikuti data-data statistik yang dimiliki.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu,  Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyampaikan bahwa produktivitas pertanian di Kabupaten Bogor Bogor menurun dalam 10 tahun terakhir.

“Kondisi pertanian hari ini tadi dari evaluasi BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa memang secara PDRB kita naik meningkat tetapi dari sisi produktivitas kita turun ini,” ujar Asmawa Tosepu.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here