Friday, 3 May 2024
HomeBeritaNisfu Syaban 2024 Kapan? Simak Jadwal dan Amalannya

Nisfu Syaban 2024 Kapan? Simak Jadwal dan Amalannya

Bogordaily.net 2024 kapan? Malam Nisfu Sya'ban termasuk salah satu malam istimewa bagi umat muslim. Terdapat amalan yang bisa dikerjakan. Lalu kapan malam 2024?

yang jatuh pada tanggal 15 Syaban. Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 tanggal 15 Syaban 1445 akan jatuh pada Minggu, 25 Februari 2024.

Lalu kapan malam 2024 dimulai? Pergantian pada tahun Hijriah dihitung sejak Matahari terbenam atau waktu magrib. Sehingga malam dimulai pada waktu magrib Sabtu, 24 Februari 2024.

Amalan

Melansir NU Online, malam dapat dimanfaatkan untuk melakukan ibadah, memohon ampunan, dan memperbanyak amal saleh. Terdapat berbagai amalan yang bisa dilakukan pada malam , di antaranya sebagai berikut:

Membaca Surat Yasin

Dalam Kitab Kanzun Najah was Surur hal 161-172 disebutkan setelah magrib pada malam 15 Sya'ban dianjurkan membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali.
Dengan niat, bacaan Yasin pertama supaya diberi umur panjang serta mendapat taufik untuk ketaatan kepada Allah.
Bacaan Yasin kedua, niat terhindar dari bala dan musibah serta keluasan rizki yang halal. Dan Yasin ketiga, niatkan agar merasa cukup dan akhir hayat diberikan husnul khatimah.
Setiap selesai membaca Yasin diteruskan membaca doa nisfu Sya'ban.

Memperbanyak Doa

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa pada malam .  Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Bakar ash-Shidiq dari Rasulullah Saw yang artinya:
“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya'ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Terdapat doa Nisfu Syaban salah satunya adalah doa Nabi Adam AS ketika turun ke Bumi, thawaf tujuh kali di Ka'bah. Adapun bacaan doanya yakni:

Allaahumma innaka ta'lamu sirrii wa ‘alaaniyati faqbal ma'dzirati, wata'lamu haajatii fa'thinii suaa-li, wata'lamu maafii nafsiifaghfirliidzambii. Allaahumma innii as-aluka imaanan yubasyiru qalbii wa yaqiinan shaadiqan hattaa a'lamu annahu laa yushiibunii illaa maa katabta lii waraddani biqadhaa-ik.

Adapun dalam Kitab Maslakul Akhyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya doa nisfu syaban seperti berikut ini:

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu ‘alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in'am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma'manal kha'ifin.

Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fî ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fî ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa'idan marzuqan muwaffaqan lil khairat.

Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ'u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Perbanyak Istigfar

Beristigfar atau meminta ampun kepada Allah atas dosa yang telah diperbuat juga menjadi salah satu amalan pada malam nisfu syaban. Sebagaimana hadist yang memiliki arti sebagai berikuy.
Artinya: “Apabila tiba malam nisfu Sya'ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka Aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka Aku berikan permintaannya.” (HR al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman).

Salat Sunah  

Salat sunnah dianjurkan dilaksanakan pada malam nisfu syaban seperti salat hajat, salat taubat, dan salat tasbih.
Demikian jadwal dan amalan malam nisfu syaban.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here