Saturday, 27 April 2024
HomeEkonomiOleh-oleh Khas Nusantara Kini Ada di Vending Machine Terminal 3 Soetta

Oleh-oleh Khas Nusantara Kini Ada di Vending Machine Terminal 3 Soetta

Bogordaily.net – berkolaborasi dengan Angkasa Pura (AP) II sediakan produk oleh-oleh khas Nusantara lewat vending machine (mesin penjual otomatis) di Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Kehadiran vending machine ini tidak hanya jadi solusi untuk para pelancong, tetapi juga memberikan kesempatan kepada pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualannya.

General Manager UID Jakarta Raya, saat peresmian vending machine mengatakan bahwa terdapat 16 produk makanan ringan khas nusantara yang dijual di vending machine ini. Di mana 11 diantaranya merupakan UMKM Binaan dan 5 lainnya merupakan UMKM Binaan AP II.

“11 produk unggulan UMKM Binaan PLN ini telah diseleksi dari 479 UMKM Binaan PLN UID Jakarta Raya yang tergabung di Hub UMK Jakarta Raya,” jelas .

Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (), , pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa kegiatan ini didasari semangat antar untuk berkolaborasi untuk pengembangan UMKM.

“Kehadiran vending machine ini membantu para UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih masif dan luas. Apalagi lokasi ini sangat strategis, banyak orang habis bepergian dari mana-mana lewat sini,” jelas Arya.

Beberapa makanan ringan oleh-oleh khas nusantara yang dijual pada vending machine ini di antaranya kembang goyang, biji ketapang, rendang sapi, brownis kering, stik tahu, kentang mustofa, hingga spikuk.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, , menambahkan bahwa produk UMKM Binaan PLN yang dijual di vending machine telah lolos kurasi produk unggulan dari Hub UMK Jakarta Raya.

“Produk yang dijual ini sudah mendapat pendampingan dan pelatihan terkait packaging, tersertifikasi halal, tersertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), tersertifikasi PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga), dan juga HAKI. Jadi aman sekali buat dikonsumsi,” tambah .

Kedepannya PLN berkomitmen untuk menambah vending machine lainnya di lokasi-lokasi yang strategis sebagai bentuk dukungan bagi UMKM dalam memperluas pasar, meningkatkan omset, serta mengembangkan perekonomian Indonesia.
(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here