Tuesday, 23 April 2024
HomePolitikRapat Pleno di PPK Ciawi Bogor Ricuh

Rapat Pleno di PPK Ciawi Bogor Ricuh

Bogordaily.net rekapitulasi perhitungan suara yang digelar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ciawi, Kabupaten Bogor berlangsung ricuh.

Peristiwa terjadi di Gudang , Gedung MPM, Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor Minggu, 25 Februari 2024 sekira pukul 14.00 WIB.

Ratusan relawan, simpatisan, tim pemenangan, melakukan aksi protes. Cekcok tak bisa dihindarkan antara tim pemenangan dengan Ketua , Linda Herlinawati. Bahkan sejumlah relawan nyaris adu jotos dengan sejumlah saksi partai.

Peristiwa terjadi usai proses pembacaan hasil perhitungan suara diumumkan oleh .

Dari pantauan dan informasi langsung yang diperoleh di lokasi, kericuhan diduga dipicu karena dugaan penggelembungan suara yang menguntungkan salah satu caleg dan berdampak merugikan caleg lainnya.

Baca Juga: Viral Dugaan Manipulasi Suara di Tajurhalang, Ketua PPK Buka Suara

“Saya setiap hari hadir menyaksikan rapat rekapitulasi perhitungan suara di . Biasa saja, tidak ada perubahan. Namun tiba-tiba dalam pembacaan hasil suara salah satu caleg melonjak hingga 3.000 lebih. Padahal dalam C1 hanya mendapatkan 903 suara se-Kecamatan Ciawi,” kata Riva, salah seorang saksi caleg dari Partai Golkar.

Beruntung personel keamanan dari Polsek Ciawi, Koramil Ciawi, dan Satpol PP sigap mengamankan situasi. Guna meningkatkan kondusifitas, pengamanan berlapis mulai disiagakan dengan menerjunkan sejumlah personel Brimob di lokasi.

Sementara itu, sejumlah massa pendukung masing-masing caleg terus berdatangan ke lokasi gedung PPK. Proses rapat penyerahan dan penandatanganan berkas hasil perolehan suara pun tertunda hingga pukul 20.00 WIB.

Namun lagi-lagi proses rapat penyerahan berkas tersebut ditunda oleh PPK dan akan dilanjutkan hari ini Senin, 26 Februari 2024.

Hingga pukul 21.00 WIB, Ketua Linda Herlinawati belum memberikan keterangannya kepada awak media saat dikonformasi.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here