Monday, 20 May 2024
HomeKota BogorSendi Farm Bangkitkan Petani Produktif dan Ekonomis

Sendi Farm Bangkitkan Petani Produktif dan Ekonomis

Bogordaily.net, tokoh muda Kota Bogor, meluncurkan di kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), RT 03/06 Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, Sabtu, 24 Februari 2024. 

ditujukan guna membangkitkan para petani yang produktif dan ekonomis.

Peluncuran ini yang dihadiri puluhan kelompok tani ini diisi dengan pelatihan tips maupun solusi pertanian dari soal benih hingga penjualan hasil tani oleh sejumlah narasumber.

ini untuk mendukung dan mensukseskan kelompok tani masyarakat agar mereka tidak hanya bisa berkebun tapi juga bisa menghasilkan secara produktif dan secara ekonomi,” kata .

Sendi mengakui bahwa saat ini para petani terkendala permodalan hingga kebingungan akses market, sehingga butuh dukungan dari berbagai pihak.

“Jadi ini menjembatani antara konsumen dengan produsen. Sebetulnya permintaan produksi pertanian itu sangat tinggi, tidak hanya untuk pasar tradisional tetapi juga pasar modern. Asal kemasannya bagus, asal standarnya bagus, itu bisa dijual sampai empat kali lipat harganya,” ungkapnya.

Sendi juga menghimbau masyarakat agar kreatif memanfaatkan pekarangan dan lahan yang dimiliki untuk bercocok tanaman. 

Hal ini guna mengantisipasi kenaikan harga dan kelangkaan sejumlah komoditas seperti sayuran, bumbu, maupun buah-buahan.

Kembali ditegaskannya, juga berupaya untuk mencari pasar yang potensial untuk produk pertanian dari kelompok tani binaannya. 

Dengan adanya pasar yang potensial, diharapkan kelompok tani dapat meningkatkan pendapatan dari usaha pertanian mereka.

“Kita tadi menawarkan yang selama ini mungkin bapak ibu para petani yang menghasilkan tidak banyak hanya dua kilo tiga kilo mereka bingung dikonsumsi tiap hari bosan juga, mau dijual ke pasar habis di diongkos, nah dengan adanya kita menjembatani melalui KWT (kelompok wanita tani). Jadi yang dua kilo tiga kilo tadi dikumpulkan, setelah dikumpulkan nanti kita akan jemput untuk penjualannya, jadi memudahkan,” terang Kang Sendi.

Sebagai informasi, tercatat sebagai Sekretaris Pribadi Iriana Jokowi. Sosok pemuda sukses ini kerap menggelar beragam kegiatan dan berencana maju sebagai bakal calon Wali Kota Bogor pada 2024 ini.***

(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here