Monday, 4 March 2024
HomeKota BogorDinding Jembatan Otista Bolong, Ini Kata Kepala Dinas PUPR Kota Bogor

Dinding Jembatan Otista Bolong, Ini Kata Kepala Dinas PUPR Kota Bogor

Bogordaily.net Dinding Kota Bogor sempat mengalami kerusakan atau bolong pada bagian kiri dinding pembatas. Kondisi tersebut terpantau pada Jumat, 9 Februari 2024

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina menjelaskan dinding didesain menjadi dua pilihan pada awalnya.

“Pertama pilihan untuk desain yang profilnya lebih spesifik yang ada lekuk-lekuknya, atau desain profil jembatannya yang biasa besi biasa,” kata Rena.

Rena menyebut, saat terakhir kunjungan Ridwan Kamil yang merupakan mantan Gubernur Jawa Barat meminta perubahan terkait dengan desain bentuk railing jembatan.

“Jadi kalau pakai besi yang biasa saja kolonialnya itu gak kelihatan. Makanya dipilih seperti itu Jadi didesain yang banyak profil yang lekuk-lekuk, kaya model kolonial itu (pakai GRC),” imbuhnya.

Kemudian, karena tidak memungkinkan untuk melakukan pengecoran dan harus memoles satu per satu railing jembatan.

Atas kondisi tersebut, kata Rena cara yang paling mudah dan yang memungkinkan dengan pertimbangan kondisi tahan cuaca yakni menggunakan GRC cetak.

“Tapi di dalamnya itu pakai besi penyangga sehingga ada ketahanannya juga (dinding ), terus dilapis dengan profil, jadi memang ketahanannya ada di besi nya, ada tulang-tulang di dindingnya,” papar dia.

Di sisi lain, Rena tak menampik kelemahannya ketika sengaja dipukul oleh benda tumpul maka akan menimbulkan kerusakan alias bolong.

“Kalau memang sengaja berbeda pilihan (konsep), selagi lagi tidak dapat feel kolonial nya, jadi mau enggak mau pakai bahan GRC,” katanya. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here