Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorTekan Laju Inflasi, Pemkab Bogor Gelar Pangan Murah di Cibinong

Tekan Laju Inflasi, Pemkab Bogor Gelar Pangan Murah di Cibinong

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan gerakan di halaman Kantor Kelurahan Karadenan, , Kabupaten Bogor, pada Senin 19 Februari 2024.

tersebut dilakukan untuk menekan laju angka inflasi sejumlah komoditi pangan seperti beras, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabe merah dan lainnya,

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat mengatakan bahwa, mulai besok dan seterusnya, pihaknya akan menggelar gerakan demi menekan laju inflasi sejumlah komoditi pangan.

Ia mengatakan bahwa, dalam gerakan , jajarannya bekerjasama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bogor, Bulog, Badan Pangan Nasional, BPD Agro, Prima, Kelompok Tani hingga Pemprov Jawa Barat.

“Dalam pelaksanaan gerakan ini, tidak melakukannya sendiri, tetapi juga dibantu lembaga, badan, instansi dan kelompok tani. Selain di Kelurahan Karadena, , kami juga akan melakukannya di kecamatan lain,” kata Acep Mulyana, Senin 19 Februari 2024.

Tebus Murah

Menurutnya, ada 12 komoditi pangan yang bisa ditebus murah oleh masyarakat, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, daging ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabe rawit merah dan aneka sayuran.

“Harga komoditi yang kami jual di gerakan itu harganya lebih murah Rp2 ribu hingga Rp30 ribu, seperti daging sapi Rp130 ribu menjadi Rp100 ribu perkilogram. Lalu, bawang merah dan bawang putih dijual Rp10.500 dan Rp14.500 per500 gram, sedangkan daging ayam dijual Rp26 ribu perekor,” jelasnya.

Acep menambahkan, pihaknya menyiapkan 7 ton beras untuk bisa dibeli oleh masyarakat Kelurahan Karadenan dan sekitarnya. Selain menekan laju inflasi, ia berharap bahwa gerakan ini mencegah kelangkaan komoditi beras.

“Daging ayam kami siapkan 111 ekor, daging sapi 100 Kg, telur ayam 175 Kg, gula pasir 125 Kg, minyak goreng 650 liter, bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe merah besar dan cabe rawit merah kami siapkan masing-masing sebanyak 20 Kg,” ujar Asep Mulyana. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here