Wednesday, 24 July 2024
HomePolitikViral Hasil Pemilu Luar Negeri Benar Apa Hoax? Cek di Sini 

Viral Hasil Pemilu Luar Negeri Benar Apa Hoax? Cek di Sini 

Bogordaily.net – Hasil Pemilu Luar Negeri viral, hasilnya Prabowo-gibran unggul di sejumlah negara. Apakah benar?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menanggapi beredarnya kabar hasil pemungutan suara Pemilu 2024 di luar negeri. 

Menurut dia, publikasi hasil pemungutan suara yang beredar itu merupakan berita bohong atau hoaks.

“Publikasi hasil penghitungan suara luar negeri tersebut adalah tidak benar,” kata Hasyim dalam keterangannya, dikutip Jumat (9/2/2024).

Dia menjelaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal dengan metode pos, tempat pemungutan suara (TPS), dan kotak suara keliling (KSK).

“Penghitungan suara Pemilu luar negeri dilaksanakan bersamaan dengan waktu penghitungan suara dalam negeri yaitu pada tanggal 14 – 15 Februari 2024,” tegas Hasyim.

“Dengan demikian, bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar,” tandas dia.

Viral di Media Sosial 

Sekadar informasi, beredar hasil pemilu di luar negeri. Pada gambar yang beredar, terlihat hasil pemungutan suara di enam negara yaitu Malaysia, Taipei, Singapura, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Gambar tersebut menunjukkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak di enam negara tersebut.

Selain itu, diperlihatkan pula posisi capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua, sementara pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ada di posisi ketiga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here