Monday, 17 June 2024
HomeKota BogorAncaman DBD, Lurah Tanah Sareal Inoki Himbau Warga Terapkan PHBS

Ancaman DBD, Lurah Tanah Sareal Inoki Himbau Warga Terapkan PHBS

Bogordaily.net – Lurah Tanah Sareal, , mengambil langkah preventif cegah Demam Berdarah Dengue () dengan meminta setiap ketua RT/RW di wilayahnya untuk memperkuat kader (Jumantik).

Keputusan ini diambil menyusul memasukinya musim penghujan, yang meningkatkan risiko penularan penyakit .

“Ini sudah kita sampaikan kepada pihak RW, tapi lebih kita tekankan perkuatan Jumantik. Kewaspadaan harus ditingkatkan, dan setiap pertemuan kita himbau terkait dengan ini,” ungkap kepada Bogordaily.net saat ditemui di Kantor Kelurahan Tanah Sareal, Selasa 5 Maret 2024.

Baca juga : Ramalan Cuaca Bogor, BMKG : Selasa 5 Maret 2024 Akan Hujan Petir

Menurutnya, untuk menekan kasus di wilayahnya, beberapa upaya telah dilakukan, termasuk menggerakkan kembali kader Jumantik, kader Poyandu untuk memantau kebersihan rumah warga serta Gertak PSN.

“Kami berharap, mereka ikut turun ke rumah-rumah yang kelihatannya rawan menjadi tempat nyamuk berkembang biak,” tambahnya.

Selain itu, beberapa RW juga telah aktif melakukan pengasapan (fogging) sebagai langkah antisipasi penyebaran kasus .

Baca juga : Daftar Tanggal Merah Maret 2024, Ada Libur Panjang

Dari laporan terbaru Bulan Februari 2024 ada 3 warga yang terkena , tetapi minggu ini semuanya sudah pulih dan sehat.

juga memberikan pesan kepada masyarakat agar selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mencegah berbagai penyakit yang dapat timbul akibat kurangnya kebersihan.

“Kami mohon kepada seluruh pihak memperhatikan khususnya terkait kesehatan masyarakat. Pola hidup bersih terus kita gaungkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (Ibnu Galansa) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here