Monday, 29 April 2024
HomeNasionalDriver Ojol Dapat THR Lebaran 2024. Berapa Jumlahnya?

Driver Ojol Dapat THR Lebaran 2024. Berapa Jumlahnya?

Bogordaily.net – Driver Ojeg Online (ojol) dapat Lebaran 2024. Hal itu sudah diterapkan oleh pemerintah sebagai kebijakan menghadapi lebaran tahun ini.

Penyedia layanan transportasi online seperti Gojek dan Grab wajib memberikan Tunjangan Hari Raya () untuk mitra driver ojek online (ojol). 

Kebijakan dapat itu disampaikan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri dalam konferensi pers tentang pembayaran keagamaan.

Menurut dia, meski ojol bekerja sebagai mitra dan bukan karyawan tetap, tetapi statusnya masuk dalam kategori PKWT atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Untuk itu, juga berhak mendapatkan dari perusahaan transportasi online tempat mereka bernaung.

“Ojol kami imbau dibayarkan [THR]. Meski kerja kemitraan tapi masuk PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertntu), jadi ikut dalam coverage SE THR,” kata Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri dalam konferensi pers tentang pembayaran THR keagamaan di kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

“Kami jalin komunikasi ke direksi perusahaan, ojol termasuk kurir logistik untuk dibayarkan THR,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada Ramadan 2023, Kemnaker memastikan para dan taksi online tidak mendapatkan THR. 

Penyebabnya hubungan kerja dan taksi online merupakan kemitraan bukan hubungan langsung perusahaan.

Dalam Surat Edaran (SE) Kemnaker terkait THR 2023, Grab dan Gojek tidak diimbau untuk memberikan THR kepada para . Kendati begitu, jika perusahaan memberikan THR dari inisiatif sendiri dinilai lebih baik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here